Terkenal dengan Marning, Ini 5 Fakta Menarik Kecamatan Jatirogo Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kecamatan Jatirogo merupakan satu dari 20 kecamatan di Kabupaten Tuban. Jatirogo juga disebut sebagai wilayah teramai di Tuban kedua setelah Tuban Kota. 

Letaknya yang berbatasan dengan Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Jatirogo selama ini lebih populer dengan jajanan marningnya. Pusat marning berada di Desa Sadang. 

Mengutip data Wikipedia, Kecamatan Jatirogo memiliki luas 111,98 Kilometer dengan ketinggian lebih dari 66 Meter Di atas Permukaan Laut (MDPL). Jarak Jatirogo dari Tuban Kota kurang lebih 56 Km. 

Berikut ini beberapa fakta menarik dari Kecamatan Jatirogo: 

 

1. Marning Sadang 

Tak hanya dijadikan sebagai tanaman pangan pengganti nasi, jagung ternyata juga bisa diolah menjadi beragam jenis makanan ringan. Potensinya yang cukup melimpah di berbagai pelosok daerah, turut mendorong para pelaku bisnis camilan untuk mulai memanfaatkan biji jagung sebagai bahan baku produksinya.

Contohnya saja seperti para produsen camilan marning jagung di Desa Sadang, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, yang sudah turun temurun  berhasil mencetak lembaran-lembaran rupiah dengan menekuni peluang bisnis camilan jagung.

Camilan marning Sadang kini menjadi salah satu produk oleh-oleh khas Bumi Wali yang harus dibawa pulang para wisatawan bila berkunjung ke Kabupaten Tuban.

 

2. Daftar kode pos

Kecamatan Jatirogo dengan luas wilayah 111,98 Km terdiri dari 18 desa. Berikut ini daftar kode posnya:

- Desa Bader - 62362

- Desa Besowo - 62362

- Desa Demit - 62362

- Desa Dingil - 62362

- Jatiklabang - 62362

- Jombok - 62362

- Karangtengah - 62362

- Kebonharjo - 62362

- Kedungmakam - 62362

- Ketodan - 62362

- Ngepon - 62362

- Paseyan - 62362

- Sadang - 62362

- Sekaran - 62362

- Sidomulyo - 62362

- Sugihan - 62362

- Wangi - 62362

- Wotsogo - 62362

 

3. Batas Wilayah 

Sebagai daerah yang berada di ujung barat Kabupaten Tuban, Jatirogo memiliki batas yang harus diketahui: Sebelah utara berbatasan langsung dengan Kecamatan Bancar, sisi timur Kecamatan Bangilan, sisi selatan ada Kecamatan Kenduruan, dan sisi barat Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. 

 

4. Ibukota Jatirogo 

Ibukota dari Kecamatan Jatirogo adalah Desa Wotsogo. Di desa ini berdiri megah Pendopo Kecamatan Jatirogo, terdapat juga pasar, terminal dan masjid besar Jatirogo. 

 

5. Jumlah Sekolah 

Mengutip dari laman resmi https://dapo.kemdikbud.go.id/ terdapat 31 lembaga/sekolah di Kecamatan Jatirogo. Di mana 30 sekolah berstatus negeri dan hanya 1 yang swasta. 

Daftar sekolah di Kecamatan Jatirogo meliputi: SDN Wotsogo 1, SD Negeri Bader, SD Negeri Besowo, SD Negeri Demit, SDN Dingil 1, SDN Dingil II, SDN Dingil III, SDN Jatiklabang I, SDN Jatiklabang II, SDN Jombok, SDM Karangtengah I, SDM Kebonharjo I, SDN kebonharjo II, SDN Kedungmakam, SDN Ketodan, SDN Ngepon I, SDN Ngepon II, SDN Paseyan I, SDN Paseyan II, SDN Sadang I, SDN Sadang II, SDN Sekarang I, SDN Sekaran II, SDn Sugihan I, SDn Wangi I, SDN Wangi II, SDN Wotsogo II, SDN Wotsogo III, SDN Sidomulyo, SDN Sugihan I. dan SDIT Al Uswah Jatirogo. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS