Masak 1,5 Ton Beras dan 1 Ton Daging untuk Tamu

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Pemandangan tampak berbeda terjadi di dapur umum Pondok Pesantren (Ponpes) Langitan Tuban. Sebab, di acara puncak haul Langitan ke-53 ini, usai salat subuh sekitar 80 santri dan alumni nampak semangat dan antusias memasak dengan jumlah yang begitu fantastis. 

Ditemui blokTuban.com di Pondok Pesantren Langitan, Saiful Arif (48) selaku koordinator konsumsi acara Haul Langitan ke-53, ia menuturkan jika untuk menyambut acara ini panitia sudah menyiapkannya selama satu bulan. 

"Kita menyiapkan untuk acara ini sudah selama satu bulan," ujarnya. 

Lebih lanjut, dalam satu bulan tersebut persiapan yang telah dilakukan oleh panitia seperti menyiapkan peralatan-peralatan untuk memasak di acara haul ini. 

"Dua minggu pertama kita memperbaiki alat-alat seperti kompor yang mungkin ada gangguan atau kerusakan, agar saat acara bisa digunakan untuk memasak," sambungnya. 

Kemudian Yusuf menuturkan jika hari ini, panitia memasak beras dengan jumlah yang begitu besar. Mereka memasak beras sebanyak 1 ton setengah. Hal ini guna mengakomodir kebutuhan konsumsi para tamu yang datang di acara haul. 

Selain memasak nasi dengan jumlah yang cukup fantastis, panitia juga memasak daging yang begitu banyak pula. Ada sekitar 1 ton daging yang dimasak dalam acara ini. 

"Awalnya kita menargetkan menargetkan daging untuk dibuat acara sekit 90 kilogram. Namun, karena banyak alumni yang ingin menyumbang menjadikan daging menjadi lebih banyak lagi," imbuhnya. 

Dengan jumlah yang begitu fantastis itu, nantinya panitia akan membagikan konsumsi tersebut melalui nampan, dan terdapat sekitar 2.000 nampan yang sudah disiapkan panitia. 

Masih kata Yusuf, jika konsumsi tidak hanya disiapkan oleh dapur umum saja. Nantinya terdapat 6 ribu berkat, yang disiapkan ndalem (rumah) KH Ubaidillah Faqih, dan 2 ribu berkat yang di siapkan di ndalem KH Abdullah Munif Marzuqi. Selain itu juga masih ada lokasi untuk memasak di dalam induk. 

Sementara itu, Afaiq salah satu anggota Media center acara Haul Langitan mengatakan jika  para tamu sudah mulai datang sejak kemarin malam dan diprediksi terdapat sekitar puluhan ribu tamu yang datang di acara haul ini. 

"Ada sekitar 20-an ribu tamu yang terdiri dari alumni dan para tamu umum lainnya," ujarnya

Bahkan tamu-tamu ini tanya berasal dari Pulau Jawa saja, terdapat beberapa tamu yang juga berasal dari luar pulau seperti Kalimantan dan Jambi. [Nur/Ali]