Habib Mustafa Ceritakan Indahnya Akhlak Almaghfurlah Kiai Munif

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Habib Mustafa Al-Idrus Bangilan, Tuban dalam mauidhahnya selepas pembacaan surat Yasin dan Tahlil juga menceritakan indahnya akhlak Almaghfurlah Kiai Munif. 

Beliau memiliki anggapan bahwa secara keilmuan, Alm. Kiai Munif itu lebih pintar daripada beliau, tetapi setiap Habib Mustafa mengisi ceramah, Alm. Kiai Munif pasti duduk di depannya dan memperhatikan ceramah beliau. Bahkan sampai membuat beliau malu.

“Seperti Yai Munif itu terlalu baik, Pak, mohon maaf. Kalau ilmu jelas saya kalah, pinter Yai Munif. Itu ketika saya ceramah, beliau itu mendengarkan saya dengan duduk di depan serta melihat saya,” kenang  Habib Mustafa dikutip blokTuban.com dari laman resmi Langitan, Kamis (31/8/2023).

“Setelah ngaji kemudian saya jawil, njenengan ini niat mengaji atau menggoda saya. Yai Munif berkata, tidak, Bib, saya yang penting mengaji.”

Baca Juga:

6 Kantong Parkir Tersedia untuk Tamu VIP dan Umum

“Ini Mbah Sholeh Tsauban, setiap mengundang saya, Yai Munif pasti selalu duduk di depan saya, saya sampai malu, akhlaknya sampai seperti itu,” pungkasnya.

Setelah mauidhah hasanah, acara ditutup dengan doa yang diawali oleh Habib Mustafa, lalu KH. Ali Imron dan terakhir oleh KH. Muhammad Faqih.

Selain keluarga ndalem Almaghfurlah KH. Abdullah Munif Marzuqi, turut hadir dalam acara ini Majelis Masyayikh, Asatidz, para alumni dan seluruh santri.

Termasuk rangkaian acara Haul Akbar Masyayikh Langitan ke-53 adalah Ziarah Maqbarah bersama Masyayikh. Acara dibuka oleh KH. Abdurrahman Faqih dengan membaca tawasul dan qasidah Salamullahi Yaa Saadah.

Setelah itu, acara dilanjut dengan pembacaan Al-Qur’an bi-nadzar, pembacaan surat Yasin dan Tahlil, kemudian ditutup dengan doa oleh KH. Ubaidillah Faqih.

Baca Lainnya:

Panitia Haul Langitan Tuban Ingatkan Tamu Jaga Barang Bawaan dan Tidak Merokok

KH. Muhammad Ali Marzuqi, Majelis Masyayikh PP. Langitan membuka Khatmil Qur’an bil-Ghoib yang digelar di Mushala Agung, berlanjut ke pembacaan Al-Qur’an bil-Ghoib yang diawali oleh Ust. Ahmad Kholil.

Selain di Mushala Agung, Khatmil Qur’an juga dibuka di 26 titik lain yang berada di sekitar PP Langitan dan akan ditutup di Mushala Agung pada Kamis pagi, (31/8/23). [Ali]