Daftar Surat yang Kerap Dibaca Rasulullah SAW Ketika Shalat

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Sunnah yang diajarkan Rasulullah ketika mengerjakan shalat adalah membaca Surat atau Firman Allah di dalam Al-Qur'an. 

Kesunnahan membaca Surat ini dilakukan seusai membaca Surat Al-Fatihah. Al-Qur’an sendiri terdiri dari 114 surat dan enam ribu lebih ayat. Jadi umat Islam memiliki pilihan surat atau ayat yang melimpah untuk dibaca setelah membaca fatihah. 

Tidak ada aturan pasti terkait dengan surat atau ayat apa saja yang harus dibaca ketika shalat. Surat atau ayat apa saja bisa dibaca, biasanya surat atau ayat disesuaikan dengan situasi atau momen yang terjadi.

Sementraa itu ada pula orang yang suka membaca surat-surat pendek seperti surat pada juz 30 akhir ketika shalat. Ada pula orang gemar membaca potongan-potongan ayat dalam surat yang panjang. 

Berdasarkan buku Kumpulan Ayat-ayat Al-Qur’an Populer dan Sering Dibaca Imam, Ahmad Lutfi Fathullah menyebutkan beberapa hadist yang menerangkan tentang surat apa saja yang sering dibaca Rasulullah ketika shalat.

1. Surat al-Kafirun (QS. 109) dan al-Ikhlas (QS.112).

Berdasarkan hadist yang diriwayatkan Muslim, Rasulullah disebut kerap kali membaca Surat al-Kafirun dan al-Ikhlas saat menunaikan shalat lima waktu, termasuk ketika shalat qobliyah Shubuh. 

2. Surat at-Tin (QS. 95). 

Suatu hari, Rasulullah berada dalam suatu perjalanan. Pada saat waktu shalat Isya tiba, ia mengajak sahabat-sahabatnya untuk shalat. Adapun surat yang dibaca pada salah satu rakaat shalat Isya adalah Surat at-Tin. Hal ini didasarkan pada hadist riwayat Bukhari dan Muslim.

3. Surat asy- Syams (QS. 91). 

Buraidah menyebut kalau Rasulullah pernah membaca Surat asy-Syams pada saat shalat Isya. 

4. Surat al-Buruj (QS. 85) dan at-Thariq (QS. 86).

Keduanya pernah dibaca Rasulullah ketika menunaikan shalat Dzuhur dan Ashar sebagaimana yang diceritakan Jabir dari Samrah. 

5. Surat Qaf (QS. 50).

Tidak hanya membaca surat-surat pendek yang ada di juz 30 saja, Rasulullah juga membaca surat-surat lainnya yang memiliki ayat panjang. Sahabat Quthbah menceritakan bahwa suatu ketika Rasulullah membaca Surat Qaf pada saat menjalankan shalat Subuh.   

Itulah beberapa riwayat yang menjelaskan beberapa surat atau ayat yang kerap dibaca Rasulullah dalam shalat. Namun tentunya bacaan yang diamalkan Rasulullah beragam dan bervariasi.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS