Bekas Lokasi Pembuangan Sampah di Tuban Kini Jadi Masjid Bawah Tanah

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Masjid Aschabul Kahfi perut bumi Al Maghribi kini menjadi destinasi wisata religi di Tuban yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan luar kota, Minggu (6/8/2023). 

Adapun lokasi Masjid perut bumi ini berada di Jalan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Masjid ini sekilas hanya terlihat bagian gerbangnya saja, sedangkan untuk bangunan masjid berada di dalam gua bawah tanah.

Sehingga untuk beribadah di masjid ini, pengunjung harus turun ke dalam gua terlebih dahulu sebelum menemui ruang ibadah utamanya.

Siapa sangka bahwa masjid perut bumi atau dikenal bawah tanah ini dulunya sebagai lokasi pembuangan sampah. KH Subhan menjadi premarkasa pembangunan masjid itu. Dia juga merupakan pemimpin pesantren Aschabul Kahfi yang tak jauh dari gua. 

Masjid perut bumi sendiri terwujud sekitar tahun 2002. Berkat konsep yang unik, kini banyak para peziarah yang singgah dan beribadah di masjid dalam gua itu. 

Baca Juga:

Sluncuran Rainbow Andalan Wisata Tebing Pelangi Tuban

Masjid Aschabul Kahfi sendiri menggabungkan arsitektur ala 1001 malam dan Jawa. Di dalam gua juga dihiasi stalaktit dan stalagmit yang menghiasi dinding gua. 

Meski siang hari, suasana di dalam gua nampak cantik sebab ada perpaduan lampu warna warni yang redup. Di bagian terdapat gapura dengan ukiran huruf Arab dan Jawa Kuno. Sementara untuk kubah masjid dihiasi goresan ayat Alquran.

Bagi pengunjung yang datang setelah melewati gapura akan disambut puluhan anak tangga menurun. Lalu, ada lorong-lorong kecil di dalam masjid. Suasana hening sangat direkomendasikan menjadi lokasi iktikaf. 

Bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh, di luar masjid terdapat banyak penjual oleh-oleh khas Tuban dengan harga terjangkau. [Ali]