Khitan Massal Akan Warnai Haul Sunan Bejagung Tuban Tahun Ini

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam rangka memperingati Haul Syech Abdullah Asy’ari atau yang biasa lebih dikenal dengan Sunan Bejagung, panitia penyelenggara akan menggelar sejumlah rangkaian kegiatan. Salah satunya dengan mengadakan khitan massal.

Kepala Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Aang Sutang mengatakan jika pendaftaran khitan massal tersebut, telah dibuka sejak beberapa waktu terakhir ini dan akan ditutup pada Selasa (18/7/2023) mendatang.

“Alhamudilillah kegiatan ini rutin digelar setiap tahun. Untuk pelaksanaannya akan dilakukan pada hari Rabu pagi, tempatnya di Pendopo Makam Sunan Bejagung,” paparnya kepada blokTuban.com, Minggu (16/7/2023).

Baca Juga:

Ketiga Kalinya Penemuan Gua di Desa Jadi Tuban Akibat Penambangan Karst

Menurut Aang, sapaan akrabnya, hingga saat ini sudah ada enam anak yang mendaftar untuk mengikuti khitan massal tersebut. Di mana, keenam anak tersebut seluruhnya dari Desa Bejagung.

Kendati demikian, ia mengaku bahwa tidak ada batasan kuota maupun tempat tinggal bagi anak yang ingin mengikuti kegiatan tersebut.

“Semua masyarakat boleh mengikutinya, baik warga dari Kabupaten Tuban sendiri maupun luar kabupaten. Kami juga tidak membatasi kuota yang mendaftar, sehingga kuotanya bebas,” katanya.

Baca Juga:

Hasil Mapping Mahipal Tuban Terhadap Gua Sungai Bawah Tanah yang Viral

Selain mengadakan khitan massal, lanjutnya, pihaknya juga akan mengadakan berbagai rangkaian kegiatan lainnya. Seperti halnya tahlil akbar, pengobatan gratis, hingga mengadakan pengajian bersama.

Lebih lanjut, dengan diselenggarakannya haul ini, maka ia berharap untuk ke depannya Desa Bejagung, dapat menjadi desa yang makmur dan sentosa.

“Semoga Bejagung bisa menjadi desa yang melestarikan adat istiadat, dan desa yang guyub rukun, serta aman, makmur sentosa,” imbuhnya. [Sav/Ali]

Baca Juga:

Masih Ada 84 Jemaah Haji Tuban dari 3 Kloter yang Belum Pulang dari Tanah Suci

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS