Resep Sate Kere Khas Solo yang Melegenda Sejak Jaman Penjajahan Belanda

Oleh: Dwi Rahayu 

blok Tuban.com - Sate Kere adalah salah satu hidangan khas dari Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Nama "Kere" berasal dari bahasa Jawa yang berarti "murah" atau "sederhana", yang mengacu pada bahan dan harga yang terjangkau untuk membuat hidangan ini. Sate Kere terkenal dengan cita rasa yang lezat dan aroma yang menggugah selera.

Asal usul Sate Kere dapat ditelusuri kembali ke masa penjajahan Belanda di Indonesia. Pada saat itu, para pekerja atau buruh seringkali memiliki keterbatasan finansial dan tidak mampu membeli daging yang mahal. Untuk memenuhi kebutuhan protein, mereka menggunakan bahan-bahan yang lebih murah dan mudah didapat, seperti jeroan atau organ sapi.

Bahan-bahan tersebut kemudian diolah dengan bumbu kacang khas Indonesia dan ditusuk menggunakan bambu atau tusuk sate. Sate Kere awalnya dijajakan oleh pedagang kaki lima atau penjual keliling yang menjualnya dengan harga terjangkau, sehingga menjadi populer di kalangan masyarakat dengan ekonomi rendah.

Berikut adalah resep sederhana untuk membuat Sate Kere

Bahan-bahan:

500 gram jeroan sapi (hati, usus, atau babat), bersihkan dan potong kecil-kecil

Tusuk sate/bambu secukupnya, rendam dalam air agar tidak gosong saat dipanggang

2 sendok makan minyak goreng

Bumbu Marinasi:

3 siung bawang putih, haluskan

1 sendok teh ketumbar bubuk

1 sendok teh jintan bubuk

1 sendok teh bubuk paprika (opsional)

1 sendok teh garam

1/2 sendok teh merica bubuk

Bumbu Kacang:

200 gram kacang tanah, sangrai dan haluskan

2 siung bawang putih, haluskan

3 sendok makan kecap manis

1 sendok makan air asam jawa

1 sendok teh gula merah, serut

Garam secukupnya

Air secukupnya untuk mengencerkan

Cara membuat:

1. Campurkan semua bumbu marinasi dan aduk rata. Tambahkan jeroan sapi ke dalam bumbu marinasi, aduk hingga semua jeroan terbalut rata. Diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap.

2. Tusukkan potongan jeroan sapi ke tusuk sate atau bambu. Lakukan hingga semua jeroan sapi habis ditusuk.

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan anti lengket. Panggang sate di atas wajan dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecokelatan. Bolak-balik sate secara teratur agar matang merata.

4. Untuk membuat bumbu kacang, campurkan kacang tanah halus, bawang putih halus, kecap manis, air asam jawa, gula merah serut, garam, dan air secukupnya. Aduk hingga terbentuk pasta yang agak encer.

5. Sajikan sate kere dengan bumbu kacang sebagai saus. Anda juga dapat menambahkan irisan bawang merah, irisan cabai rawit, dan kerupuk sebagai pelengkap.

Itulah resep sederhana untuk membuat Sate Kere khas Solo. Selamat mencoba dan menikmati hidangannya!

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS