Resep Otak-otak Bandeng Khas Gresik yang Lezat

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Makanan otak-otak bandeng adalah hidangan khas Gresik yang terbuat dari daging ikan bandeng yang diolah dengan bumbu rempah dan dibungkus dalam daun pisang, kemudian dipanggang atau dibakar. 

Memasak ota-otak bandeng dennga cara tradisionalnya yaitu dipanggang atau dibakar di atas arang. Namun, saat ini juga ada versi otak-otak bandeng yang dipanggang dalam oven atau dipanggang dengan menggunakan wajan datar. 

baca juga:

Resep Sate Kambing Bumbu Kacang Khas Madura

Resep Gulai Kambing Tanpa Santan yang Gurih dan Lezat

Metode memasaknya bisa berbeda-beda tergantung pada daerah atau preferensi masing-masing. Umumnya otak-otka bandeng disajikan dengan sambal kacang, bumbu kecap, atau saus pedas. Bisa juga dimakan langsung tanpa bumbu tambahan. 

Berikut ini cara membuat otak-otak bandeng khas Gresik:

Bahan-bahan:

2 ekor ikam bandeng

200 ml santan

2 butir telur

1 sdt kaldu bubuk

1 sdt garam

1 sdt gula

 

Bumbu halus:

80 gram bawang merah 

30 gram bawang putih 

65 gram cabe merah besar (buang bijinya

6 buah cabe rawit

1 ruas kunyit

1 ruas jahe

1 ruas lengkuas

15 gram kemiri

3 lembar daun jeruk

1 sdm ketumbar

2 bonggol daun bawang

 

Cara membuat:

1. Buang sisik bandeng dan cuci bersih. Keluarkan semua isi daging bandeng denga cara dipijit-pijit. Buang semua kotoran dan insnagnya. 

2. Pisahkan daging dan tulang ikan bandeng dengn cara di remas diatas saringan lubang besar.

3. Siapkan dan cuci semua bumbu yang akan dihaluskan. Blender semua bumbu sampai halus.

4. Campur bumbu halus dengan santan, aduk rata dan tumis hingga bumbu mengental. Tambahkan gula, garam, dan kaldu bubuk. Tes rasa. Setelah mengental, angkat dan diamkan sampai dingin atau suhu ruang.

5. Masukkan bumbu ke dalam daging bandeng yang sudah halus tadi. Aduk rata, tambahkan 2 butir telur lalu aduk hingga rata.

6. Masukkan kedalam piping bag, agar mudah memasukan adonan kedalam perut bandeng. Gunting ujung piping bag, lalu masukkan adonan melalui leher bandeng yang telah dibelah tadi. Bagian kepala juga diisi sampai penuh.

7. Kukus selama 40 menit atau sampai matang. Jangan lupa beri alas daun pisang agar kulit ikan bandeng tidak menempel ke panci. Setelah matang dinginkan terlebih dahulu.

8. Kocok lepas telur, otak-otak bandeng yang sudah dingin tadi dipotong menjadi beberapa bagian. Celupkan kedalam kocokan telur dan goreng hingga keemasan atau matang. 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS