Dinilai Belum Urgent, Proyek Gedung 5 Lantai RSUD Koesma Tuban Terkendala Lahan

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Lahan menjadi salah kendala proyek gedung 5 lantai RSUD Dr. R. Koesma Tuban tertunda dikerjakan tahun 2023. Direncanakan, proyek senilai Rp60 miliar tersebut akan dikerjakan di tahun 2024. 

Proyek gedung 5 lantai merupakan rencana Pemerintah Kabupaten Tuban untuk memperluas area RS milik daerah. Lokasinya berada di samping timur gedung UGD saat ini. 

Pantauan di lapangan, di lahan bakal lokasi proyek kini masih ada sejumlah toko/kios makanan dan minuman yang dikelola warga. 

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menyampaikan, proyek tersebut terpaksa ditunda karena masih ada kendala teknis dan pengadaan lahan, Jumat (07/07).

"Proyek tersebut belum dapat dikerjakan tahun ini karena masih terkendala dengan kepemilikan lahan milik Yayasan Abdi Negara Tuban. Selain itu, setelah dihitung, waktu pengerjaannya tidak cukup jika dikerjakan tahun ini," ujar Lindra. 

Lindra menilai, pembangunan gedung tersebut belum menjadi hal yang urgen di tahun ini, sehingga tidak ada pengaruh besar terhadap pelayanan di RSUD Tuban meski pengerjaannya ditunda.

Sejauh ini sarana dan prasarana yang ada di RSUD dr Koesma Tuban dinilai Lindra sudah memadai untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua DPRD Tuban H. Miyadi menambahkan bahwa DPRD Tuban sudah memberikan persetujuan anggaran yang tersedia di APBD Tuban 2023 untuk pembangunan proyek gedung lima lantai tersebut.

"Kami harap pihak eksekutif bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan yang telah direncanakan tersebut dengan maksimal dan optimal," tutupnya. [Ali]