Bupati Tuban Buka Suara Terkait Polemik Bendera: Hanya Berbeda Penafsiran

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.comBupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky turut membuka suara, terkait adanya polemik Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tuban, tentang sumbangan bendera merah putih kepada sekolah yang ada di Kabupaten Tuban.

Diketahui, Dalam SE tersebut menyampaikan agar lembaga pendidikan di jenjang Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tuban, memberikan sumbangan bendera merah putih berukuran 80 cm x 120 cm.

Dalam keterangannya, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengatakan bahwa mungkin hanya penafsirannya yang berbeda, sehingga kebijakan tersebut menuai pro dan kontra.

“Tetapi hal itu hal yang biasa saja, bahwasanya memang kita ada arahan dari pemerintah pusat, untuk mendukung dan mensukseskan program dari pemerintah pusat untuk ikut berpartisipasi,” paparnya kepada awak media, Kamis (6/7/2023).

baca juga:

Hore!..Warga Tuban dengan Kriteria Ini Bisa Mendapat Bendera Merah Putih Gratis

Masih Berlanjut, Sumbangan Bendera yang Diminta Disdik Tuban Lampaui target 2 Kali Lipat

Menurut Lindra, sapaan akrabnya, rasa nasionalisme seseorang tidak bisa diukur dengan hal tersebut. Akan tetapi, sebagai bentuk konkrit salah satunya dengan turut memasang bendera-bendera merah putih.

Sehingga, polemik sumbangan merah putih kepada sekolah di Kabupaten Tuban, lantaran adanya penafsiran yang berbeda.

“Pada dasarnya kalau orang nasionalisme nya tinggi, hal-hal begitu esensi nya saja yang diambil,” katanya.

Selain itu, orang nomor satu di Kabupaten Tuban ini juga menambahkan, bahwa pro dan kontra dalam suatu kebijakan itu merupakan hal yang wajar.

Oleh karena itu, ia berharap agar seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Tuban dapat mengambil hal positif dari kebijakan tersebut dan ikut mengevaluasi dari sisi negatif.

“Pasti kalau pro-kontra dalam suatu kebijakan pasti ada, tapi saya berharap masyarakat dapat mengambil sisi positifnya,” imbuhnya.

baca juga:

 

Heboh Disdik Minta Sumbangan Bendera ke Sekolah, Komisi IV DPRD Tuban Beri Komentar

Sekedar diketahui, sampai batas waktu yang telah ditentukan, Disdik Kabupaten Tuban telah berhasil mengumpulkan kurang lebih sebanyak 31.000 bendera merah putih, kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tuban, yang merupakan koordinator pelaksanaan gerakan pembagian bendera merah putih Tahun 2023.

Dimana, nantinya seluruh bendera merah putih dengan ukuran 80 cm x 120 cm tersebut, akan dibagikan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang tidak mampu membeli atau yang tidak memiliki bendera, guna menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 tahun. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS