IJTI dan PWI Tuban Berikan Diklat Jurnalistik di SMKN 1 Tambakboyo

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - SMK Negeri 1 Tambakboyo, Kabupaten Tuban, menggelar acara diklat jurnalistik pada 21-22 Juni 2023 di sekolah setempat. Kegiatan yang diikuti 30an siswa ini digelar dengan menggandeng Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Pantura Raya dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tuban. 

Ketua IJTI Pantura Raya, Khusni Mubarok dan Ketua PWI Tuban, Suwandi didapuk menjadi pemateri dalam diklat jurnalistik ini. Sementara peserta yang datang, merupakan perwakilan siswa dari berbagai sekolah di Kecamatan Tambakboyo dan Bancar. 

Selama dua hari, para siswa mendapat berbagai materi jurnalistik online dan televisi. Di hari pertama, mereka mendapat materi tentang teknik penulisan berita hingga wawancara. Baik teori maupun praktik. Sementara di hari kedua, peserta  dibekali materi tentang produksi berita televisi. 

"Diklat Jurnalistik yang melibatkan PWI dengan IJTI merupakan satu langkah kecil untuk perubahan besar," tegas Khusni Mubarok. 

baca juga:

- FORHATI Tuban Gelar Talkshow Kesehatan Reproduksi dan Mental Remaja

 

- Kilang GRR Tuban Goes to School Berbagi Semangat dan Inspirasi pada Siswa SMK

Imbuhnya, di era digital siswa khususnya lulusan SMK harus punya banyak bekal sebelum terjun ke dunia kerja. Salah satunya dengan ilmu jurnalistik. 

"Siswa dibekali materi tentang tahapan produksi berita televisi. Mulai dari tahapan pra produksi, produksi, paska produksi sampai penayangan. Selain teori, siswa juga melakukan praktik liputan berita televisi dan laporan langsung (live)," tandasnya. 

Sementara itu, perwakilan SMKN 1 Tambakboyo Mashudha mengungkapkan, acara ini digelar untuk memberikan tambahan wawasan ilmu jurnalistik kepada para siswa. Apalagi, pihak sekolah setempat saat ini juga telah melaunching E Magazine atau majalah digital. 

"Sehingga diharapkan setelah diklat ini, para siswa bisa ikut berkontribusi lebih banyak dalam menulis sekaligus membuat konten untuk E Magazine ini," tegasnya dalam sambutan penutupan acara.[Ali/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS