Eks Disabilitas Mental di Tuban Dimotivasi, Harus Dirangkul dan Dibimbing

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos, P3A dan PMD) Kabupaten Tuban, menggelar kegiatan pemberdayaan eks disabilitas mental/orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Kecamatan Tuban. 

Pekerja Sosial Bagian Pemberdayaan Sosial, Rehabilitasi Sosial dan Tindak Kekerasan Dinsos P3A dan PMD Kabupaten Tuban, Hermawan mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi, kepada keluarga penyandang disabilitas mental. 

"Kita juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat, bahwasanya penanganan ODGJ tidak bisa Dinas Sosial sendiri. Tetapi kita melibatkan beberapa OPD dan semuanya, terutama Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (PJKM)," ungkapnya saat ditemui di lokasi acara, Selasa (20/6/2023). 

ODGJ sendiri, lanjutnya, memiliki beberapa kriteria. Seperti halnya ODGJ pasung, ODGJ berbasis keluarga, hingga ODGJ gelandangan sikotik atau tempat tinggal tidak tetap. 

Dengan demikian, ia berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini, seluruh masyarakat di Kabupaten Tuban tidak lagi memandang ODGJ dengan sebelah mata ataupun mengucilkannya. 

Artikel Lainnya:

- Buka PPDB Offline, 24 SMPN Tuban Ini Kekurangan 646 Siswa

- Wisuda TK-SMA Tuai Pro Kontra, DPRD Tuban Usul Diseragamkan

- Angkat Potensi Daerah, Warga Tuban Ini Ciptakan Batik Khas Plumpang

"Harapannya agar dengan kegiatan sosial ini, semua masyarakat mengerti dan tidak mengucilkan atau memusuhinya. Sehingga menghilangkan stigma ODGJ bahwa mereka memiliki hak yang sama sehingga tidak perlu dikucilkan, namun di rangkul dan dibimbing bersama," jelasnya. 

Sementara itu, Camat Tuban, Dani Ramdhani merasa sangat bersyukur dengan diadakannya kegiatan tersebut, di daerah kepemimpinannya. Menurutnya, adanya kegiatan ini menunjukkan bahwa konsen Pemkab Tuban sangat tinggi, terhadap penanganan ODGJ. 

Adapun total peserta yang mengikuti kegiatan yang bertempat di Kantor Kecamatan Tuban tersebut, kurang lebih sebanyak 20 orang, yang merupakan keluarga dari penyandang disabilitas mental.

"Alhamdulillah kita sangat bersyukur dengan kegiatan seperti ini, disini dihadirkan keluarga dari penyandang disabilitas mental," katanya. 

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Dani ini menambahkan, bahwa total keseluruhan ODGJ yang ada di Kecamatan Tuban Kota hingga saat ini, kurang lebih sebanyak 156 orang. 

Dalam kegiatan ini sendiri, ada banyak materi yang disampaikan tiga narasumber kepada keluarga penyandang disabilitas mental tersebut. Seperti halnya penanganan ODGJ ataupun alur-alur yang harus dilakukan oleh keluarga. 

"Harapannya dengan dilaksanakannya kegiatan ini, permasalahan-permasalahan yang ada ditingkat keluarga, dalam menangani ODGJ itu bisa diberikan gambaran ataupun solusi," imbuhnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS