Jelang Idul Adha, Sebanyak 988 Ekor Sapi di Tuban Tervaksinasi LSD

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Menjelang datangnya Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mempercepat vaksinasi Lumpy Skin Disease (LSD) kepada sapi, guna menekan angka penyebaran virus LSD.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Kabid Keswan) Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Tuban, Pipin Diah Larasati mengatakan jika sampai saat ini sudah ada ratusan ekor.

Dimana, dari 1.000 alokasi vaksin LSD yang didapatkan oleh Pemkab Tuban, saat ini sudah tersalurkan kepada sapi, kurang lebih sebanyak 988 ekor.

Artikel terkait:

Segini Kenaikan Harga Sapi Terbaru di Tuban Jelang Kurban

“Sampai tanggal 8 Juni 2023 kemarin, Alhamdulillah jumlah hewan yang sudah tervaksin LSD ada 988 ekor,” ujarnya kepada blokTuban.com, Kamis (15/6/2023).

Adapun 988 sapi yang sudah mendapatkan vaksinasi LSD ini sendiri, lanjutnya, sudah tersebar di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

“Jika ada masyarakat yang minta vaksinasi LSD pasti akan kita layani, karena vaksin masih tersedia,” katanya.

Lebih lanjut, Pipin, sapaan akrabnya juga menambahkan menjelang Hari Raya Kurban ini, kasus penyakit yang membuat kulit sapi benjol tersebut, sudah lebih melandai jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Artikel terkait:

Catat Kriteria Hewan Kurban di Peringatan Hari Rahaya Idul Adha

Pasalnya, dari data yang dimilikinya, sampai saat ini masih ada enam hewan yang dilaporkan masih belum sembuh.

“Data yang terlaporkan masih ada sisa enam sapi yang masih sakit,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Pipin menghimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tuban, untuk segera melaporkan kepada petugas terkait, apabila terdapat adanya indikasi hewan terserang LSD.

“Kami berharap kepada masyarakat, untuk bisa segera melaporkan jika ada yang mulai terjangkit,” imbuhnya. [Sav/ Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS