Catat Kriteria Hewan Kurban di Peringatan Hari Rahaya Idul Adha

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com – Selama hari raya Idul Adha, umat Islam di seluruh dunia melakukan ritual penyembelihan hewan kurban. Penting untuk dicatat bahwa hewan yang akan dikorbankan harus memenuhi kriteria tertentu. 

Sebagaimana diketahui Hari Raya Idul Adha 1444 H / 2023 Masehi akan berlangsung sebentar lagi, tepatnya pada tanggal 10 Zulhijah. Salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada momen itu adalah berkurban. Namun, tak sembarang hewan dapat dikurbankan.

Secara tradisional, kambing, domba, sapi atau unta disembelih untuk Qurbani. Kurban wajib dilakukan pada tanggal 10 Zulhijjah setelah shalat Idul Adha pada waktu dhuha.

Dikutip dari laman kemenag.go menurut beberapa ulama terdapat 3 syarat utama hewan yang harus dipenuhi sebelum disembelih saat Idul Adha.

1. Harus hewan ternak, yaitu unta, sapi, kambing, atau domba.

2. Harus mencapai usia minimal yang telah ditentukan oleh syariat. Unta minimal berumur 5 tahun dan telah masuk tahun ke-6. Sapi minimal berumur 2 tahun dan telah masuk tahun ke-3. Domba usia 1 tahun atau minimal berumur 6 bulan bagi yang sulit mendapatkan domba yang berumur 1 tahun. Kambing minimal berumur 1 tahun dan telah masuk tahun ke-2.

3. Harus sehat, tidak cacat, dan tidak berpenyakit.

Sementara itu berkurban dengan seekor kambing atau domba diperuntukkan untuk satu orang, sedangkan unta, sapi dan kerbau diperuntukkan untuk berkurban tujuh orang. Ketentuan ini dapat disimpulkan dari hadits berikut:   

 Ø¹ÙŽÙ†Ù’ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ نَحَرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ الْحُدَيْبِيَةِ الْبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ وَالْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ   

Diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah, “Kami telah menyembelih kurban bersama Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wasallam pada tahun Hudaibiyah seekor unta untuk tujuh orang dan seekor sapi juga untuk tujuh orang.” (Hadits Shahih, riwayat Muslim: 2322, Abu Dawud: 2426, al-Tirmidzi: 1422 dan Ibn Majah: 3123). 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS