Terkenal dengan Kampung Gerabah, Inilah Asal Usul Kelurahan Karang Tuban

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia

blokTuban.com - Kelurahan Karang merupakan kelurahan di Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Kelurahan yang saat ini dipimpin oleh Lik Sriyah selaku Lurah Kelurahan Karang itu terdiri dari 7 Rukun Warga (RW) dan 35 Rukun Tetangga (RT).

Kelurahan Karang memiliki letak yang sangat strategis yang berbatasan dengan 3 Kelurahan dan 1 desa, yaitu sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Gedongombo, sebelah utara berbatasan dengan Kelurahan Sidorejo, kemudian sebelah selatan berbatasan dengan Desa Tegalagung, dan sebelah barat berbatasan dengan Kelurahan Kembangbilo. 

Terdapat 2 perumahan, yaitu Perum Karang Indah dan Bukit Karang. Sedangkan sebagian warganya tinggal di daerah perumahan dan perkampungan.

Menurut Matahar (54 tahun) selaku Staff Kelurahan Karang mengatakan, terkait asal usul Kelurahan Karang belum dapat dipastikan secara pasti dikarenakan tidak adanya dokumen secara tertulis. 

“Kalau asal usul yang saya ketahui dari awal, dulu sebelum masa kemerdekaan Kelurahan Karang ini sebuah desa yang dulunya masuk wilayah Kecamatan Semanding tapi perbatasan dengan Kecamatan Tuban. Adapun asal usul nama Karang kita sendiri kurag tau bagaimana ya karena para sesepuh juga sudah banyak yang sudah gaada mbak,” ujar Matahar kepada blokTuban.com, Rabu (07/06/2023).

Artikel Lainnya:

- Bacaan Tahlil Singkat Malam Jumat untuk Ahli Kubur

- Ketentuan Hewan yang Dijadikan Kurban Hari Raya Idul Adha

Adapun terkait tempat bersejarah Kelurahan Karang memiliki Makam Mbah Gambir di mana Mbah Gambir merupakan leluhur Kelurahan Karang. 

Sedangkan terkait tradisi yang saat ini masih dilakukan masyarakat Karang yaitu tradisi manganan atau sedekah bumi yang rutin dilakukan setiap satu tahun sekali di Makam Mbah Gambir yang terletak di Rw.02/Rt.03.

Sekretaris Kelurahan Karang, Rahmad Darmawan (51 tahun) menambahkan, bahwa Kelurahan Karang terbilang memiliki potensi yang cukup baik. Pasalnya Kelurahan Karang terdapat beberapa UMKM yang luar biasa seperti: kampung gerabah, batik, rumah produksi telut asin, produksi minuman herbal, dan pawon ibu.

“Ya kampung gerabah ini adalah kampung yang sebagian besar penduduknya membuat gerabah dan sudah berjalan sejak lama yang terletak di Rw. 4 dan itu sudah kami resmikan juga, jadi di sana juga ada gerabah karakter juga. Kemudian ada juga yang membuat batik karang dan juga ada produksi telur asin yang itu juga menjadi produk unggulan kami mbak dan itu berada di Rw.5,” ujar Seklur Karang.

“Sama ada pawon ibu mbak, jadi pawon ibu ini merupakan UMKM yang memproduksi bumbu-bumbu instan seperti: bumbu soto, rawon, dan sebagainya itu yang dikelola pawon ibu. Dan terakhir ada UMKM produk minuman herbal seperti: jahe merah, kencur, dan masih ada beberapa lainya juga yang kemarin sudah diresmikan menjadi UMKM Keluurahan Karang,” imbuhnya.

Diketahui Kelurahan Karang merupakan kelurahan terbaik. Pasalnya Kelurahan tersebut mampu menyikat juara 1 lomba Mbangun Deso Noto Kutho yang diadakan oleh Bupati Tuban.

“Kami juga bangga dengan Kelurahan Karang dan tahun kemarin kami mampu menjadi juara 1 lomba Mbangun Deso Noto Khuto dan kemarin kami juga sudah masuk KIB (kampung idaman berseri) kabupaten dan tahun ini kami akan mengikuti KIB tingkat Jawa Timur dan mudah-mudahan bisa masuk ditingkat Jawa Timur,” paparnya sembari senyum sumringah.

Adapun mayoritas mata pencaharian penduduk Kelurahan Karang yaitu sebagian besar pegawai dan pedagang. Sedangkan mayoritas agama penduduk sekitar yaitu Islam. [Lia/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS