Inspiratif! Bermula dari Usaha Sampingan Pria di Tuban Sukses Berbisnis Lampu Barbershop

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia

blokTuban.com – Salah satu warga Desa Leranwetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban sukses berbisnis lampu barbershop sejak tahun 2018 silam. Ia bernama Faiz Arrahman (36 tahun) sang owner usaha lampu barbershop.

Barbershop merupakan sebuah tempat pangkas rambut bagi pria untuk merapikan sekaligus merawat rambut. Dengan keberadaan Barbershop saat ini tak lepas dengan sebuah tanda yang terdapat di depan barbershop dengan tanda lampu berwarna putih, merah, dan biru yang memiliki sebuah makna tersendiri.

Sebelum membuka usaha lampu barbershop, pekerjaan utamanya yaitu sebagai tukang cukur yang masih berjalan hingga saat ini. Ia mengatakan bahwa usaha lampu tersebut hanyalah bisnis sampingan yang kebetulan ia pelajari secara otodidak. 

“Ya kebetulan saja sih sebenarnya tidak ada rencana, jadi dulunya ini kerja sampingan yang saya pelajari secara otodidak. Jadi untuk mencari ide bahan dan lainya itu pure saya sendiri sampe hampir 1 bulan nggak tidur,” Ujar Faiz kepada blokTuban.com saat diwawancarai, Senin (05/06/2023).

Berkat ketekunanya, kini ia mampu membuka bisnis lampu barbershop melalui beberapa e-commerce sehingga dapat dikenal dan terjual ke beberapa kota. Tak hanya terjual di beberapa kota saja kana tetapi lampu barbershop tersebut juga terjual hingga tembus ke luar negri.

“Jadi untuk pemesanan pelayanan kami lebih ke online ya, tapi kami juga tidak memungkiri untuk pasar offline. Dan kemarin juga kita sempet ikut program ekspor-impor dari market place shopee dan Alhamdulillah sudah sampe ke Malaysia dan Thailand atau dimana saya lupa,” Ujarnya.

“Nah untuk pasar offline kemarin juga sempat ada yang datang ke sini, jadi langsung ke lokasi.” Imbuhnya.

Terkait harga lampu barbershop milik pria kelahiran asal lamongan ini dibandrol mulai dari harga Rp.150 ribu hingga Rp.750 ribu, tergantung bentuk dan jenis bahan yang digunakan. Diketahui omzet usaha lampu barbershop ini selama covid-19 meningkat drastis dari omzet yang diperoleh sebelum adanya covid-19.

“Nah justru waktu covid itu, omzet kami bener-bener naik melesat. Mungkin beberapa dari pelaku usaha yang sama ada yang berhenti dan libur gitu ya, nah di situ bisa jadi para owner barber berfikir lebih dengan mencari kesibukan untuk merenovasi barber itu sendiri. Dan itu kebetulan kami masih berjalan dan Alhamdulillah itu menjadi rezeki lebih untuk kami. Jadi covid itu juga berkah ya, ada beberapa pelaku pasar itu jadi diuntungkan.” Paparnya.

Lokasi produkso lampu babershop di 'Tuan Tjukur' milik Faiz Arrahman (36) di Tuban. (Foto: lia/ bloktuban)

Bapak satu anak ini mengaku bahwa setiap usaha pasti terdapat hambatan tersendiri. Pasalnya dengan adanya kendala pasti ada solusi, akan tetapi menurutnya sebagai pengrajin harus pandai-pandai berinovasi dengan mencari hal-hal yang baru dengan mempermudah dalam mengatasi kendala tersebut. 

Lebih lanjut selain dilihat dari bentuknya, keunggulan lampu barbershop yang dimiliki warga tuban ini lebih pada tingkat kerapihan serta pemilihan bahan yang berkulitas.

“Kalo perbedaan mungkin nggak beda jauh, tapi di sini ini lebih ke beda tingkat kerapihan dan bahan aja si sebenarnya. Jadi kita lebih totalitas pada kerapihan dan kualitas. Dan kami bisa menjamin masa produk kami dapat bertahan minimal 5 tahun.” Tutupnya.

Bagi kalian yang ingin memesan dapat melalui plafrom e-commers seperti: Shopee (Tuan Tjukur), Tokopedia (Barberpole store), dan Bukalapak (Tuan Barber pole). [Lia/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

 

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahan Sidorejo, Tuban.