Edi Ronggo, Warga Asal Tuban yang Bangun Rumah di Tengah Kuburan Simak Alasanya!

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia

blokTuban.com – Bagi sebagian orang mendengar kata kuburan saja bisa bikin merinding, terlebih lagi jika membayangkan sendirian pada malam hari di tenggah kuburan. Hal tersebut tak bisa dibayangkan lagi betapa ngeri dan menyeramkan.

Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi seorang pria bernama Edi Ronggo (62 tahun) yang memiliki rumah yang berada di tengah kuburan dan dapat dibilang rumah tersebut sudah masuk area kuburan, tepatnya di makam Mbah Ronggo yang berada di jalan Wijaya Kusuma, Kelurahan Ronggomulyo, Kecamatan Tuban. 

Saking dekatnya dengan kuburan, begitu melangkah keluar teras secara otomatis langsung disambut dengan ratusan makam dengan pintu utama menghadap timur, sedangkan pintu alternatif menghadap utara. Jika sama-sama dibuka kedua pintu tersebut maka akan melihat kuburan secara langsung. 

Menurut Edi, ia mengaku jika sudah menempati rumah itu sejak tahun 1982 silam hingga saat ini. Ia mengatakan alasan utama untuk tinggal di tengah kuburan yaitu karena ia lebih menyukai tempat yang sepi dan tenang. 

“Saat itu dulu saya tinggal bersama Susiati, istrinya saya yang sudah almarhumah meninggal pada tahun 2018 lalu hingga saat ini,” ujar pria 62 tahun tersebut, Jumat (2/06/2023).

“Dan saya itu lebih suka tempat yang sepi, karena kalo sepi itu tenang damai gitu. Jadi saya lebih memilih untuk tinggal di sini” Imbuhnya.

Edi yang juga pegiat seni itu mengungkap, bahwa dahulunya masih ada pagar pembatas berupa tembok makam lalu dirobohkan atas persetujuan pihak terkait sekitar tahun 1997, karena minimnya sirkulasi udara. 

Kemudian pada 2002 tanah dibeli, dan pada tahun 2004 rumah diperbaiki dalam bentuk bangunan seperti saat ini. 

Tepat di rumah tengah kuburan yang berwarna hijau tersebut, Edi kini tinggal bersama istri kedua Nikensari (57 tahun) dan ketiga anaknya. Tak ada yang aneh atas tempat tinggalnya itu, karena mereka sudah terbiasa tinggal di tengah makam. 

“Biasa aja mbak, meskipun malam juga sudah biasa di sini juga kalo malam terang banyak lampunya jadi nggak gelap” ujar Nikensari kepada blokTuban.com.

Pemandangan melihat kuburan berjajar padat sudah bukan hal menyeramkan, baik saat pagi hingga malam hari. 

Tak dapat dipungkiri selama tinggal di sana, Edi Ronggo kerap beberapa kali mendapatkan pengalaman mistis, satu diantaranya yaitu dengan kedatangan tamu sepasang pria dan wanita misterius di tengah malam.

“Pintu rumah saya terbuka tengah malam, ada tamu seperti suami istri lalu saya persilahkan masuk dan pada saat saya persilahkan masuk tamu meminta makan, namun nasi habis sehingga istri baru akan memasakkan. Nah belum selesai memasak nasi, tak lama tamu minta air putih. Begitu mau diambilkan, ternyata keduanya langsung hilang dalam hitungan detik.” jelasnya.

Edi Ronggo dan istrinya saat itu, almarhumah Susiati, mencari keluar rumah tidak berhasil menemukan tamu misterius tersebut.

Menurutnya tamu pada malam hari itu diduga adalah sosok penghuni dua makam di depan rumahnya yang seolah memberi pesan tersirat, agar Edi dan istri merawat serta membersihkan makam tersebut.

Rumah tengah kuburan inipun sempat viral, yang bermula dari unggahan video yang diunggah anak kedua edi di aplikasi tik tok.

“Ya kemarin juga sempat rame karena anak saya video letak rumahnya yang di tengah kuburan. Awalnya pas pulang di videoin dia bilang, yang kemarin nanya rumahku ini lo rumahku gitu. Terus jadi rame banyak yang ke sini juga,” tutupnya sembari tertawa. [Lia/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS

 

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahan Sidorejo