Warga Tuban Antusias Ikuti Salat Gerhana Matahari di Masjid Agung

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Warga dari berbagai wilayah yang ada di Kabupaten Tuban, antusias mengikuti salat Gerhana Matahari di Masjid Agung Tuban, yang berada di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Pengurus Sekretariat  Masjid Agung Tubanl, Uswandi mengatakan jika antusias masyarakat di Kabupaten Tuban, untuk mengikuti Salat Gerhana Matahari secara berjamaah di Masjid Agung sangat tinggi.

Bahkan, kegiatan tersebut diikuti kurang lebih 300 jamaah. Bukan hanya orang dewasa saja, namun Salat Gerhana yang dipimpin langsung oleh Habib Alwi bin Ahmad  Assegaf tersebut, juga diikuti oleh pemuda-pemudi yang ada di Kabupaten Tuban.

“Kira-kira ada 300 jamaah mbak yang ikut dalam Salat Gerhana  Matahari ini.  Tadi  Habib Alwi bin Ahmad  menjadi Imam sekaligus Khatibnya, dan yang menjadi bilal Ustadz Sucipto,” ujarnya kepada blokTuban.com, Kamis (20/4/2023).

Diketahui,  hukum melakukan Salat Gerhana Matahari atau Salat Kusuf  ialah Sunnah Muakad. Artinya, sangat dianjurka untuk dikerjakan. Pasalnya, Gerhana Matahari ataupun Bulan belum tentu setiap tahun ada.

Oleh karena itu, bagi umat muslim yang menjalankan ibadah tersebut akan mendapatkan pahala yang luar biasa dari Allah Swt.

Disamping itu, salah satu manfaat bagi Jemaah yang melakukan Salat Gerhana Matahari adalah mengingat kebesaran Allah Swt, mempertebal keimanan, mengingat tanda-tanda Hari Kiamat, serta menghadirkan rasa takut akan adzab yag diberikan oleh Allah Swt.

“Salat Gerhana Matahari di Masjid Agung tadi kita mulai jam 10.00 Wib, Alhamdulillah jemaah yang hadir cukup banyak, mulai orangtua, remaja, sampai anak-anak,” katanya.

Sekedar diketahui, Gerhana Matahari Hibrida yang terjadi ini, terlihat di Kabupaten Tuban  sejak pukul 09.30 Wib dan berakhir pukul 12.22 Wib. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

 

https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMNPtuAsw4IjQAw?r=0&oc=1&hl=id&gl=ID&ceid=ID:id&m=1