Begini Cara Santri Bahrul Ulum Tambakberas Jombang Asal Tuban Isi Libur Ramadan

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Santri Bahrul Ulum Tambakberas Jombang asal Kabupaten Tuban, mengadakan sebuah kegiatan positif untuk mengisi waktu liburan pondok mereka dengan kegiatan Safari Ramadan 1444 Hijriah. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) Alam El Yamien yang berada di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Santri yang tergabung dalam Himpunan Santri Bahrul Ulum, Jam’iyyah Islamiyyah Santri Sunan Bonang (Hisbu Jamissbon) rutin tiap tahunnya menggelar Safari Ramadan. Ketua pelaksana kegiatan Safari Ramadan, Dzikri Shohibul Arif Billah (16) mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari.

“Kami lakukan kegitan ini selama 5 hari, mulai dari 12-17 April 2023,” ujar Ketua pelaksana kegiatan Safari Ramadan Dzikri Shohibul Arif Billah (16) kepada blokTuban.com, Senin (17/04/2023).

Remaja yang akrab disapa Dzikri ini menambahkan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini agar dapat dijadikan sebagai ajang atau kesempatan untuk melatih diri terjun dan berperan di tengah masyarakat. Selain itu juga dalam kegiatan ini, sebagai ajang syiar dakwah islam para santri atas ilmu yang telah di dapatkan di pesantren.

Kegiatan ini diikuti oleh 41 santri dari berbagai kecamatan di Tuban. Terdiri dari 13 santri putra dan 28 santri putri mereka nantinya akan ditempatkan di 3 pos yang telah disediakan. Setiap posnya, mereka akan melaksanakan beberapa kegiatan seperti mengajar, menjadi imam sholat, dan mengisi kultum.

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, masih ada beberapa kegiatan-kegiatan hiburan, seperti perlombaan yang diikuti oleh anak SD sekitar.

“Kami juga mengadakan 5 perlombaan seperti lomba pildacil, mewarnai, azan, cerdas cermat, dan hafalan jus amma,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Yayasan SD Alam El Yamien Nur Fitriatin Yamin, mengatakan bahwa kegiatan seperti ini baru pertama kali di laksanakan di SD Alam El Yamien. Dirinya mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan para santri Tambakberas tersebut. Menurutnya santri yang melaksanakan kegiatan ini memiliki wawasan yang jauh ke depan dibandingkan anak seusianya.

“Senang saya melihat anak-anak punya wawasan jauh ke depan. Mereka  adalah calon pimpinan karena bisa melakukan apa yang belum waktunya,” ujar Ketua Yayasan SD Alam El Yamien Nur Fitriatin Yamin.

Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya ini menambahkan, kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat bagus untuk anak muda yang masih dijaga oleh anak pesantren. Dia merasa senang karena juga pernah mencetuskan agar anak Bahrul Ulum melakukan kegiatan di SD Alam El Yamien, namun saat itu belum bisa terlaksana dan bisa baru terlaksana pada tahun ini.

“Harapan saya para santri yang usai mengikuti kegiatan safari ini, bisa mengambil pelajaran dari kegiatan ini, untuk bekal terjun di tengah-tengah masyarakat,” tutupnya.

Sebagai tambahan selain kegiatan safari Ramadan ini nantinya pada 27 April 2023, para santri ini juga akan mengadakan kegiatan Halal bihalal yang mengundang pengasuh Pondok Pesantren Al-Muhajirin 1 Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, H. Abdurrozzaq Sholeh (Gus Rozaq) di SD Alam El Yamien yang berada di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS