352 Calon Pengantin di Tuban Daftar Menikah Malam Songo, Sembilan Pasang Masih di Bawah Umur

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Ratusan pasang calon pengantin (Catin) di Kabupaten Tuban akan melaksanakan akad nikah pada malam 29 Ramadan 1444 H (malam Songo).

Malam songo sendiri diyakini oleh beberapa orang sebagai hari baik, karena pada malam songo adalah hari ganjil terakhir di bulan suci Ramadan, karena diyakini sebagai hari baik tersebutlah, banyak orang melangsungkan akad nikah pada malam Songo.

Menurut Kasi Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Tuban, Mashari, dari data yang dihimpun Kemenag Tuban, terdapat 352 Catin yang akan melangsungkan akad nikah di malam Songo.

“Ada 352 Catin yang tersebar di seluruh Kabupaten Tuban yang akan melangsungkan akad nikah” ujar Kasi Bimas Islam Kemenag Tuban, Mashari kepada blokTuban.com, Minggu (16/04/2023).

Dari 352 Catin, terdapat 5 Kecamatan dengan calon Catin terbanyak saat malam songo seperti Kecamatan Soko 36 Catin, Semanding 35 Catin, Rengel 30 Catin, Parengan 37 Catin, dan Widang 38 Catin.

Sedangkan untuk 15 kecamatan lain, Catinnya berada di bawah 30 Catin seperti Kecamatan Plumpang 24 Catin, Jenu 19 Catin, Senori 6 Catin, Merakurak 8 Catin, Tuban 17 Catin, Bangilan 9 Catin.

Selanjutnya Kecamatan Tambakboyo 3 Catin, Kerek 20 Catin, Kenduruan 7 Catin, Bancar 6 Catin, Grabagan 12 Catin, Montong 9 Catin, Jatirogo 7 Catin, Palang 26 Catin, Singgahan 4 Catin.

Mashari juga menambahkan dari 353 Catin terdapat 9 Catin yang masih di bawah umur.

“Terdapat 9 Catin tahun ini yang di bawah umur akan melangsungkan akad pada malam songo,” imbuhnya

Untuk diketahui, 9 Catin yang masih di bawah umur tersebut tersebar di Kecamatan Plumpang 4 Catin, Soko 3 Catin, Jenu 1 Catin, dan  Montong 1 Catin. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS