Masyarakat Tuban Antusias Berebut Pangan Murah

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Gelaran pangan murah yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban di Halaman Wisata Pantai Boom Tuban, yang berada di Desa Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban mendapatkan respon yang luar biasa dari masyarakat di Kabupaten Tuban. Rabu (12/3/2023). 

Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, nampak masyarakat rela mengantre panjang dan berdesak-desakan, demi mendapatkan kebutuhan pokok yang diinginkan. Seperti halnya Gula, cabai rawit, cabai merah, beras, minyak goreng kemasan, telur, tomat hingga bawang merah. 

Seperti halnya yang dilakukan oleh salah seorang warga, Hariyati yang rela berdesak-desakan demi dapat mendapatkan minyak goreng kemasan dengan harga yang murah namun dengan kualitas yang terjamin. 

"Ini tadi saya beli telur, tomat sama minyak goreng mbak, tapi yang paling ngantri itu minyak goreng sama beras, tapi untuk minyak goreng dibatasi mbak, satu orang hanya boleh beli dua liter," ujarnya kepada blokTuban.com, Rabu (12/4/2023). 

Menurut pengakuan perempuan asal Kecamatan Palang ini, kegiatan pangan murah yang diselenggarakan oleh Pemkab Tuban sangatlah bermanfaat bagi masyarakat, terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri seperti saat ini. 

Sebab, biasanya pada momentum seperti ini lonjakan harga bahan pokok di pasaran seringkali terjadi. Itulah sebabnya, ia rela datang jauh-jauh dan berdesak-desakan, demi mendapatkan harga yang murah meski dalam keadaan puasa.

"Membantu kami para ibu-ibu mbak, apalagi ini mau lebaran biasanya naik semua. Makanya walaupun sedang puasa tetap semangat buat ngantre, demi harga murah," katanya. 

Sementara itu, masyarakat lainnya, Lastri juga mengatakan hal yang serupa. Menurutnya, ia sangat berantusias dalam mengikuti kegiatan yang digelar oleh Pemkab Tuban tersebut. 

"Sangat antusias sekali mbak, karena ini kan mumpung harganya murah karena biasanya kalau mau lebaran itu semuanya naik, jadi mumpung ada acara seperti ini," pungkasnya. 

Sekedar diketahui, dalam gelaran pangan murah kali ini. Ada banyak bahan pokok yang disediakan dengan harga di bawah pasaran seperti halnya cabai kriting 1/4 Rp6 ribu, cabai merah besar 1/4 Rp7.500, cabai rawit 1/4 Rp7 ribu, tomat 1/4 Rp3.500 dan bawang merah Rp22 ribu per kilogram. 

Sementara untuk harga beras dibandrol Rp47 ribu per 5 kilogramnya, minyak goreng kemasan Rp13.500 per liter, gula pasir kemasan Rp12.500 per kilogram, serta telur ayam Rp25.000 per kilogram. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS