Tekan Harga Sembako Jelang Lebaran, Pemkab Tuban Gelar Pangan Murah

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Tuban  kembali  menggelar kegiatan  Pangan Murah Berkualitas. Kali ini, acara tersebut bertempat di Halaman Parkir Wisata Pantai Boom Tuban, yang terletak di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 14.00 Wib ini sendiri, digelar oleh Pemkab Tuban dengan tujuan untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok di Kabupaten Tuban, menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Jadi kegiatan ini dalam rangka stabilitas harga, kemarin harga bahan pokok kan naik turun, terutama harga beras, minyak goreng dan telur juga sempat naik," ujar Kepala DKPPP Kabupaten Tuban, Arif Eko Yulianto kepada blokTuban.com, Rabu (12/4/2023) saat ditemui di lokasi. 

Menurut Eko, sapaan akrabnya kegiatan pangan murah ini bukanlah pertama kali digelar oleh pihaknya. Sebelumnya, Pemkab Tuban juga menggelar kegiatan serupa yang bertempat di Pasar Penambangan dan juga Kecamatan Jenu. 

Ada banyak bahan pangan yang disediakan dalam kegiatan tersebut, diantaranya seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, minyak goreng kemasan, beras, ikan, gula, tomat, hingga telur ayam dengan harga di bawah pasaran. 

"Yang kita berikan kepada masyarakat, disamping murah juga berkualitas. Ini yang ketiga kita adakan, awal dulu di penambangan, lalu yang kedua di Desa Wadung, Jenu," katanya.

Lebih lanjut, Eko menambahkan jika pada gelaran pasar murah kali ini, masyarakat justru lebih banyak memburu minyak goreng kemasan dengan harga Rp13.500 per liternya. 

Dengan adanya kegiatan ini maka ia berharap harga bahan pokok di Kabupaten Tuban tetap stabil menjelang Hari Raya Idul Fitri ini. 

"Beras kita sekarang menyediakan 3 ton, dengan ini kita berharap harga bahan pokok ini stabil dan jangan sampai naik," pungkasnya. 

Dari  pantauan blokTuban.com di lokasi, masyarakat nampak sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Bahkan, rela untuk berdesak-desakan satu sama lainnya, demi dapat membeli kebutuhan pangan yang diinginkannya.

Seperti halnya Lastri, yang mengaku sangat antusias mengikuti kegiatan ini, lantaran barang-barang yang disediakan lebih murah, dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran.

“Sangat antusias sekali mbak, karena ini kan mumpung harganya murah. Biasanya kalau mau lebaran itu semuanya naik, jadi mumpung ada acara seperti ini,” katanya.

Bahkan, perempuan berhijab  ini mengaku selalu turut serta jika ada kegiatan pangan murah di Kabupaten Tuban, seperti halnya pangan murah yang digelar di Pasar Penambangan, Kecamatan Semanding beberapa waktu silam.

“Kalau dekat saya selalu ikut mbak, kemarin yang di Penambangan saya juga ikut. Harapannya semoga acara ini bisa terus ada karena sangat membantu ibu-ibu seperti saya,” imbuhnnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS