Ratusan Pemuda Datangi Mapolres Tuban Pada Hari Ke-8 Pendaftaran Polri

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pasca pendaftaran Taruna, Bintara dan Tamtama Polri resmi dibuka pada (4/4/2023) kemarin, hingga kini Panitia Bantuan Penerimaan (Pebanrim) Polri Terpadu  T.A. 2023 Polres Tuban terus diserbu pendaftar.

Bahkan, hingga siang ini tercatat sudah ratusan pendaftar yang mayoritas lulusan SMA atau sederajat, mendatangi Mapolres setempat untuk melakukan proses verifikasi setelah melakukan pendaftaran secara online. 

Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya, S.I.K., S.H., M.H., melalui Kabag SDM Kompol Musa Bachtiar, S.Sos., M.M. menjelaskan dalam rekrutmen tahun 2023 ini Polri mengusung tema BETAH Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis serta memastikan bahwa seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya apapun. 

"Kami pastikan bahwa Pendaftaran Polri ini gratis tanpa dipungut biaya, akuntabel juga transparan" Ucapnya, Rabu (12/4/2023). 

Dalam kesempatan ini, Musa mengatakan menginjak hari ke-8 dibukanya pendaftaran online, sudah ada 295 orang dari wilayah Kabupaten Tuban, yang mendaftar. Baik mendaftar sebagai Taruna, Bintara maupun Tamtama.

Kendati demikian, dari ratusan orang pendaftar tersebut, baru ada kurang lebih 64 orang pendaftar yang sudah terverifikasi. 

"Yang terverifikasi atau yang sudah dinyatakan lengkap berkasnya baru 63 pendaftar" katanya. 

Selain itu, ia juga menambahkan dalam proses verifikasi Polri tersebut, Polres Tuban menggandeng berbagai pihak. Diantaranya seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk), Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Tuban, Disdik Provinsi Jawa Timur, Kemenag, serta pengawas dari internal dan eksternal. 

"Dalam Rekrutmen ini Kita juga libatkan pengawas dari internal ada Propam dan dari eksternal kita menggandeng LSM mengawasi proses Penerimaan Calon Anggota Polri ini" Tegasnya 

Dengan dibukanya pendaftaran ini, maka  Musa menghimbau kepada seluruh calon pendaftar ataupun orang tua, agar tidak percaya kepada pihak atau oknum  yang menawarkan jasa, bisa meloloskan untuk menjadi anggota Polri. Pasalnya, yang bisa meloloskan peserta, dalam seleksi ini adalah kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing peserta.

Lebih lanjut, untuk memberikan kesempatan lebih luas kepada masyarakat, maka pendaftaran Polri yang semula akan ditutup pada (14/4/2023), akan diperpanjang hingga (17/4/2023) mendatang. 

"Kami imbau kepada para orang tua yang Putra putrinya mengikuti seleksi masuk Polri, Percayakan kepada kemampuan putra putrinya, yang bisa meloloskan adalah kemampuan putra putrinya dan Doa dari Orang tua" Pungkasnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS