Program Peduli Sesama, Paguyuban Pedagang CFD Tuban Setor Iuran Rp2.000 Tiap Minggu

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Berawal dari rasa kepedulian terhadap sesama, Paguyuban Pedagang Car Free Day (PPCFD) Tuban, membuat sebuah program iuran tiap minggu Rp2 ribu. Artinya dalam satu minggunya pedagang harus selalu menyisakan uang Rp2.000 untuk dana sosial.

Program sosial ini sendiri merupakan sebuah program baru yang diinisasi oleh PPCFD  Tuban pada Tahun 2022 kemarin.

Menurut ketua PPCFD Tuban Ahmad Eko Suwandi, setiap minggunya para pedagang CFD yang berjumlah 251 pedagang memberikan uang iuran sebesar Rp2.000 dengan tujuan nantinya akan dibagikan kepada para pedagang bila ada sakit atau meninggal dunia.

“Uang tersebut sebagai kas dana sosial kita paguyuban pedagang CFD bila ada anggota yang sakit atau meninggal dunia, dan dana ini tidak boleh dipergunakan untuk hal-hal selain kegiatan sosial,” ujar ketua PPCFD Tuban Ahmad Eko Suwandi kepada blokTuban.com, Sabtu (8/04/2023).

Tak hanya di situ saja, sisa dari dana sosial tersebut nantinya di akhir tahun oleh PPCFD akan dibuat santunan kepada anak yatim yang ada di Kabupaten Tuban.

Program ini sendiri tercetus dari usulan para anggota PPCFD sendiri, awalnya ketika ada musibah yang menimpa anggota PPCFD baru dilaksanakan penggalangan dana, namun saat itu ada yang mengusulkan agar dibuat seperti kas mingguan.

“Awalnya ya jika ada musibah baru kita mengadakan penggalangan dana, namun saat itu ada salah satu anggota mengusulkan dibuat seperti kas mingguan dan banyak yang setuju,” imbuhnya.

Hasilnya dalam satu tahun ini program ini telah berjalan, dan kemarin pada Jumat (7/04/2023) PPCFD telah melaksanakan santunan kepada anak yatim di Masjid Al Falah Tuban.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS