Haul 4 Masyayikh Al-Hidayah Jenu Tuban, Salah Satunya Nyai Hj Basyiroh Zawawi Pendiri IPPNU

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Yayasan Al-Hidayah yang berada di Desa/Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban, kembali mengadakan peringatan haul masyayikh Al-Hidayah yaitu Kh. Chusen ke-40, Nyai Siti Fatimah ke-37, K. Zawawi Chusain ke-29, Nyai Hj Basyiroh Zawawi ke-1. 

Menurut Pendiri Yayasan Al-Hidayah, Zainal Makarim Azach jika peringatan haul Masyayikh ini sendiri selalu diperingati setiap tahun, tepatnya pada 12 Dzulhijah, secara sederhana. 

“Kegiatannya hanya kirim doa ditambah pengajian untuk memperingati para masyayikh yang sudah terlebih dahulu. Ini kegiatan rutin setiap tahun setiap tanggal 12 Dzulhijah,” terangnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lokasi kegiatan, Selasa (12/7/2022). 

Terkait : haul Masyayikh Al-Hidayah Jenu Tuban Dihadiri Ratusan Satri dan Alumni

Kh. Chusen sendiri merupakan ayah dari K. Zawawi Chusain yang juga pendiri Madrasah Tahfidz atau pemilik dari tanah wakaf yang di tempati oleh Yayasan Al-Hidayah sampai saat ini. 

“Ayahnya mbah Zawawi itu yang punya wakaf tanah ini semua, asal-usulnya dari mbah Chusen pendiri Madrasah Tahfidz di sini, Pondoknya namanya Tarbiyatul Huffadz Manbail Fatihah Al-hasyimiah Washolatiyah. Alumninya mbah Chusen itu salah satunya mbah Yusuf Mashar Tahfidz Tebuireng itu dari sini,” jelasnya. 

Sedangkan K. Zawawi Chusain, lanjutnya, adalah pendiri Yayasan Al-Hidayah pertama sekaligus suami dari Nyai Hj Basyiroh yang diketahui sebagai salah satu pendiri IPPNU pada tahun 1955 silam. 

Terkait : haul KH Maimoen Zubair, Ini Jalur Alternatif untuk Kendaraan Kecil Agar Terhindar Macet di Pantura Sarang-Rembang

Selain itu, Nyai Hj Basyiroh juga sempat menjadi Ketua PP IPNU Puteri pusat menggantikan Umroh Mahfudzoh. Tidak hanya itu saja, Diketahui, Nyai Basyiroh juga merupakan budhe dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut). 

“Bu Basyiroh itu salah satu pendiri IPPNU sekaligus Ketua IPPNU Pusat periode kedua,” katanya. 

Sementara dilansir dari nuvoice, sebagai salah satu pendiri IPPNU, Nyai Basyiroh memberikan banyak inspirasi dan pengaruh yang besar bagi rekanita-rekanita IPPNU dalam semangat perjuangannya dalam menghidupkan Nahdhatul Ulama melalui IPPNU.

Terkait : Bupati Anna Hadir di haul Mbah Sholeh Lewat Virtual

Yayasan Al-Hidayah Tuban sendiri sudah berdiri sejak tahun 1961 dimulai dengan didirikannya Madrasah Diniyah, berlanjut ke Pendidikan Guru Agama Islam (PGAI) yang kemudian berubah menjadi Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan berkembang hingga saat ini. [Sav/Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS