Asal Usul Nama Desa Suciharjo Tuban, Lokasi Peristirahatan Bangsawan dan Tentara Perang Pajang

Penulis: Diktia Puspa Rini

blokTuban.com - Desa Suciharjo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur. 

Desa suciharjo dibatasi oleh beberapa wilayah desa di antaranya di sebelah utara berbatasan dengan Desa Pacing, di sebelah barat berbatasan dengan Desa Margorejo, di sisi selatan berbatasan dengan Desa Selogabus dan di sisi timur berbatasan dengan Desa Mojomalang. 

Jarak tempuh Desa Suciharjo ke Kantor Kecamatan Parengan sekitar 6 km dapat ditempuh dalam waktu 15 menit. Sedangkan jarak tempuh ke pusat kota Kabupaten Tuban sekitar 50 km yang dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam.

Terkait : Dua Versi asal usul Desa Klotok dan Makam Mbah Ngali yang Terjaga

Salah satu perangkat Desa Suciharjo, Yono menceritakan sejarah desa tersebut hingga diberi nama Desa Suciharjo. Konon, dongeng yang populer mengenai asal mula Desa Suciharjo yaitu pada pertengah abad ke 18 pasca Perang Pajang. 

"Dulu waktu pertengahan abad ke 18 ada perang besar di tanah Jawa antara bangsawan kesultanan Pajang banyak bangsawan dan tentara yang melarikan diri ke daerah Tuban," ungkapnya.

Desa Suciharjo merupakan salah satu desa yang ada di Kabupaten Tuban dan desa yang menjadi tempat peristirahatan yang aman para bangsawan dan tentara Pajang.

Terkait : Asal-usul Lahan Wisata Pantai Semilir Tuai Klaim Sepihak yang Sudah Dibuka Lagi

"Dalam perjalanan untuk melarikan diri para bangsawan dan tentara itu berhenti dan beristirahat untuk mencari tempat yang aman salah satunya di petilasan yang ada di Desa Suciharjo ini," ulas Kamituwo Yono.

Di petilasan itu dibuat sebuah Sendang Sumur Glagah yang artinya sumber yang suci dan ramai atau bisa disebut harjo yang berarti raharjo atau damai. Untuk mengenang peristiwa tersebut, maka daerah ini dinamai Desa Suciharjo.

Sendang sumur glagah ini terletak di dekat persawahan dan tidak jauh dari rumah warga. Sampai saat ini airnya juga masih digunakan oleh beberapa warga di sana.

Terkait : Derma Mbah Bibit Pada Sri Panganti (Asal usul Desa Maibit)

"Ada beberapa warga yang mempercayai ketika ingin membuat pesta pernikahan atau pesta yang lainnya dapat mengunjungi sendang sumur Glagah terlebih dahulu," ucap salah satu warga Desa Suciharjo, Nikmah.

Sendang Sumur Glagah ini populer di kalangan masyarakat bahkan ada masyarakat dari luar desa juga berkunjung ke sendang sumur glagah ini. [Rin/Ali]

Penulis adalah anggota Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) angkatan ke-9 STIKes ICsada Bojonegoro yang magang di blokBojonegoro.com.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS