Bermodal Rp250 Ribu, Yanuario Kini Raup Omzet Puluhan Juta

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com - Berawal dari kecintaan kepada hamster, menjadi peluang usaha bagi Yanuario Syahputra (30), dan mendapatkan omzet hingga puluhan juta. 

Pemuda yang beralamat di Jalan Raden Patah no 10, Kelurahan Latsari, ini, menekuni hobinya saat menempuh pendidikan tinggi tahun 2009, hingga ia mencoba peruntungannya dengan beternak hamster sejak tahun 2011.

“Awalnya dari hobi beternak yang ditekuni, beranak pinak jadi banyak akhirnya muncul ide untuk membuat suatu peluang usaha,” ungkapnya.

Berkat kegigihan Yanuario, sekarang dia sudah mendapatkan keuntungan puluhan juta rupiah per tahunnya. Tak hanya fokus menjual hamster saja, kini dirinya juga mulai memperjual belikan kelinci hias. Dengan modal awal Rp250 ribu, dan menjual harga hamster mulai dari Rp15 ribu sampai Rp150 ribu per ekor. Untuk kelinci hias ia jual dengan harga Rp35 ribu sampai Rp5 juta per ekor.

"Alhamdulillah, dari modal cuma Rp250 ribu sekarang omzet saya sampai Rp10 juta sampai Rp15 juta per bulan, “ tambahnya 

Bisnis Yanuario kini terus berjalan walaupun terkendala akan adanya pandemi ini. Menurutnya dampak pandemi ini memang meluas dan semua usaha mengalami penurunan bahkan ada beberapa temen peternak yang gulung tikar.

“Banyak teman yang harus gulung tikar dan merugi besar, sayapun juga kena dampaknya. Penjualan jadi turun drastis, tapi karena memang dasarnya hobi ya mau omset turun atau naik tetep bersyukur aja. Karena bagi saya rejeki sudah tertakar dan gak akan tertukar,” ucap Yanuario

Ia mengaku, strategi untuk menarik pembeli sebenarnya hanya satu, yakni pelayanan. Menurutnya, apabila pelayanan terhadap pelanggan ramah, baik dan memuaskan, pasti mereka akan merekomendasikan ke org lain.

“Kuncinya cuma satu, yaitu pelayanan,’’ katanya.

Menurut dia, sebenrnya mudah kalau mau membuat usaha. Lakukan apa yang kamu yang disenangi agar itu gak menjadi beban. Usaha tidak harus melulu soal modal berupa uang. Paling utama modal adalah fisik dan pikiran yang sehat. 

‘’Awali dengan yang paling mudah dulu dan selalu optimis, awali setiap kegiatan dengan basmallah dan akhiri dengan hamdallah,” pesannya.

Harapan ke depan, dirinya ingin menambah kandang dan jumlah indukan serta memperluas pasar dan menjalin kemitraan dan bekerja sama dengan beberapa pihak terkait serta membuka lapangan kerja seluas mungkin.[ulf/ono]