Pastikan Ketersediaan Oksigen di Masa Pandemi, Polisi di Tuban Cek Stasiun Pengisian

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Satuan Reserse dan Kriminal (Sat Reskrim) Polres Tuban melakukan pengecekan ketersediaan tabung oksigen medis untuk pasien Covid-19 di Kabupaten Tuban, Kamis (8/7/2021). 

Pengecekan itu dilakukan sebagai upaya polri untuk menghindari adanya penimbunan maupun kelangkaan tabung oksigen medis. Sebab, saat ini informasi kelangkaan tabung oksigen terjadi di sejumlah daerah.

Dipimpin oleh Kanit idik 3 tindak pidana tertentu (Tipiter) Ipda Dhani Rakhasiwi, sasaran pengecekan dilakukan di Stasiun Pengisian Tabung Oksigen Perusahaan PT Samator Gas Industri di Jalan HOS. Cokroaminoto No 768 Tuban.

Pada kesempatan itu, Manager PT Samator Gas Industri Tuban, Ari Saputra mengatakan, persediaan oksigen di tempatnya masih bisa mencukupi untuk kebutuhan rumah sakit yang ada di Kabupaten Tuban.

"Saat ini masih terpenuhi pak, walaupun agak tertatih-tatih karena kalau tidak ada liquid kita isinya di Gresik tempat yang terdekat, namun begitu ketersediaan saat ini masih aman pak," kata Ari Saputra.

Lebih lanjut, dalam seminggu terakhir ini pihaknya mendistribusikan semuanya ke rumah sakit. Sedangkan sebelum pandemi pendistribusian ke rumah sakit hanya 5% sampai 10%, namun sekarang full untuk rumah sakit.

Ditempat terpisah, Kapolres Tuban AKBP Darman menjelaskan, untuk memastikan ketersediaan oksigen di masa pandemi Covid-19 ini pihaknya melakukan pengecekan di tempat pengisian oksigen yang ada di Tuban.

“Kita pastikan persediaan tabung oksigen untuk layanan medis di Kabupaten Tuban masih kondisi aman dan tercukupi,” ucap AKBP Darman.

Darman menegaskan, jajaran Polres Tuban akan melakukan pengecekan secara intensif terkait ketersediaan tabung oksigen medis. "Pengecekan ini sebagai bentuk tugas Polri guna menghindari adanya penimbunan maupun kelangkaan tabung oksigen medis bagi pasien penderita Covid-19," pungkas AKBP Darman.[hud/ono]