Kemenag Tuban Gelar Bimtek Pelayanan KUA Berbasis IT

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com – Kemenag Tuban terus berupaya peningkatan mutu layanan di Kantor urusan Agama(KUA). Untuk keperluan itu, Seksi Bimbingan Masyarakat Islam menggelar kegiatan bimbingan teknis  (bimtek) Peningkatan Mutu Layanan KUA berbasis IT atau teknologi informasi (information technology).

Bimbingan untuk para Kepala KUA dan operator itu dilaksanakan di aula Kantor Urusan Agama Kecamatan Tuban, Rabu, (17/06/2021).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban Sahid membuka acara sekaligus memberi materi pada kegiatan tersebut. 

Dia mengatakan, saat ini Kemenag sedang bersaing, baik antarkementerian atau antarlembaga, menuju pelayanan yang lebih baik. 

"Hal ini ditandai dengan peningkatan sumber daya manusia, dalam hal ini ASN, yang disampaikan ke masyarakat harus up-to-date," ujarnya.

Ia mengajak untuk terus meningkatkan kemampuan IT ASN. 

"Terus tingkatkan layanan, sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, dan upayakan melayani dengan senyum," imbuhnya. 

Sahid menjelaskan operator menjadi penanggung jawab dalam bidang administrasi. Oleh karena itu penting sekali sebagai operator memahami tentang IT. 

Dengan adanya kegiatan ini bisa menunjang bertambahnya wawasan tentang IT disinkronkan dengan kinerja operator di KUA. 

‘’Secanggih apapun sistem yang dibangun, tidak akan efektif dan tidak berjalan sempurna tanpa didukung oleh semua pihak,’’ tambahnya.

Pria asal kota Pudak ini mengingatkan di masa pandemi yang masih berlangsung untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan. 

"Di masa pandemi ini saya tak henti-hentinya mengingatkan untuk selalu melaksanakan 3 M (Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak) baik di kantor, ketika melayani masyarakat dan ketika dalam kerumunan orang," pesannya.

Sementara, Kasi Bimas Islam Mashari, menyebutkan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan terciptanya pelayanan prima pada KUA di Kabupaten Tuban. Karena semakin hari teknologi informasi semakin berkembang dan canggih, sehingga harus di kaji, dipahami, dan dipelajari dengan baik.

"Dasar yang berkaitan dengan IT ini  tertuang dalam KMA No 892 Tahun 2019 terkait SIMKAH berbasis WEB, yang terkadang banyak masalah karena kurang pahamnya para operator terhadap ilmu Teknologi Informasi," terangnya.

Menurutnya, revitalisasi KUA yang dilaunching Menag menjadi program prioritas Kemenag saat ini meliputi perbaikan sarpras, sistem pelayanan (prima, ramah dan murah), digitalisasi dan penguatan SDM. 

"KUA harus bisa merealisasikan empat hal tersebut," kata dia.

Selain itu, bimtek ini digelar sebagai pembinaan dan penilaian berkelanjutan kepada operator di KUA untuk memacu prestasi dan kinerja pada KUA.

"Kita berharap dengan kegiatan ini baik pelayanan, prestasi kinerja kita bisa betul-betul meningkat dan betul-betul melayani masyarakat secara baik," pungkasnya.[ono]