Pameran Produk WBP,  Dagangan Habis Diborong Pegawai Lapas

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com – Kamis  (22/4/2021) Lapas Kelas IIB Tuban menggelar pameran produk yang dihasilkan oleh para warga binaan pemasyarakatan (WBP). Bukan hanya kerajinan, namun juga produk makanan.

Barang-barang tersebut ditata di atas meja. Namun saat acara selesai, hanya menyisakan beberapa saja karena yang lain habis diborong para pegawai Lapas sendiri.

Kalapas Tuban Siswarno menjelaskan, gerakan membeli dan memakai hasil produksi warga binaan tersebut telah digelar sejak tanggal 1 April  hingga tanggal 26 April 2021 mendatang. Seluruh petugas Lapas Tuban membeli dan harus memublikasikan produk yang telah dibeli di media sosial dengan hastag  #AkuBeliProdukNapi.

“Petugas yang beli harus memublikasikan di medsos sebagai bagian dari pemasaran produk WBP. Apalagi masih pandemi Covid-19 kita ingin gairahkan kembali ekonomi kreatif,” ujar Siswarno.

Kegiatan tersebut, lanjut dia, adalah upaya Lapas Tuban turut mensukseskan kegiatan One Day, One Prison’s Product yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-57 Tahun 2021.

‘’Setiap UPT Pemasyarakatan yang menjual produk wajib merekap dan melaporkan hasil penjualan dan nilai penerimaan negara bukan pajak ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan,’’ katanya.

Sementara Kepala Seksi Binadik dan Kegiatan Kerja Pujiono menuturkan, bahwa kegiatan itu untuk meningkatkan produktivitas WBP agar mereka lebih semangat dan kreatif.

“Kita jadikan kegiatan ini sebagai salah satu terobosan bagi WBP untuk selalu giat dalam membuat serta menghasilkan produk yang dapat dimanfaatkan masyarakat luas,” terangnya.

Ada berbagai produk barang dan makanan hasil karya para WBP itu. Antara lain tas berkat, masker, donat, peyek serta telur produksi Wahana Asimilasi Edukasi Merakurak milik Lapas Tuban.[ono]