Manfaat Melepas Bra saat Tidur Malam

Reporter: -

blokTuban.com - Melepas bra setelah seharian menggunakannya pasti terasa melegakan. Sehingga tak jarang, banyak wanita yang memilih untuk tidak menggunakannya saat tidur.

Tapi sebenarnya, lebih baik mana ya, melepas bra atau tidak saat tidur?

Dilansir Johns Hopkins Medicine, sebenarnya tidak ada masalah bila Anda tidak menggunakan bra saat tidur. Tapi, bila ingin mengenakannya pun boleh-boleh saja, Moms. 

Terkait penggunaan bra saat tidur, ada juga mitos yang berkembang, salah satunya membuat atau mencegah payudara jadi kendur. Faktanya, penyebab payudara menjadi kendur adalah bertambahnya usia, masalah genetik, hamil, menyusui, hingga kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis.

Tapi, bila Anda memilih tidak menggunakan bra saat tidur, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. Dilansir Parenting First Cry, berikut beberapa keuntungan tidak menggunakan bra saat tidur malam. 

1. Sirkulasi darah lebih lancar

Menggunakan bra terlebih bila terlalu ketat, bisa menghambat sirkulasi darah, Moms. Ini karena penggunaan bra yang ketat bisa membatasi gerak otot dada yang menyebabkan sirkulasi darah jadi terhambat. Sehingga, tidur tanpa bra justru dapat melancarkan sirkulasi darah.

2. Lebih nyaman saat tidur

Menggunakan bra yang ketat saat tidur dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang dapat memengaruhi kualitas tidur. Bila sudah begini, tidak menutup kemungkinan Anda akan merasa kesal atau gelisah karena tidak bisa tidur dengan nyaman dan efeknya bisa memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

3. Terhindar dari penyumbatan limfatik

Mengenakan bra yang ketat dapat menekan payudara, sehingga bisa meningkatkan risiko penyumbatan pada sistem limfatik. Untuk itu, Moms, lebih baik lepas bra saat tidur untuk membantu memperbaiki sistem limfatik.

4. Mengurangi keringat

Menggunakan bra saat tidur bisa meningkatkan risiko produksi keringat berlebih, terutama bila Anda tidur tanpa pendingin ruangan. Nah, keringat berlebih yang muncul saat tidur tentu akan mengganggu kenyamanan tidur Anda.

5. Mencegah pigmentasi dan iritasi

Menggunakan bra bisa menyebabkan terjadinya gesekan antara kulit dengan tali atau kawat bra. Hal itu lambat laun bisa memicu iritasi dan kerusakan kulit yang berdampak kulit terasa gatal dan sakit, hiperpigmentasi, hingga menimbulkan bintik-bintik. Karenanya lebih baik mengenakan bra yang longgar saat tidur atau tidak menggunakannya sama sekali.

*Sumber: kumparan.com