Relawan Kampung Tangguh di Tuban Ikut Makamkan PDP dari Surabaya

Reporter : Ali Imron

 

blokTuban.com - Relawan kampung tangguh semeru Dusun Karangdowo, Desa Socorejo, Kecamatan Jenu Rabu (3/6/2020) dini hari ikut memakamkan satu PDP dari Surabaya di TPU Desa Socorejo. Keterlibatan relawan ini karena tim dari Surabaya terbatas hanya dua orang.

 

Relawan kampung tangguh sigap karena sebelumnya telah dibekali ketrampilan untuk mengurus jenazah corona sampai ke pemakaman. Simulasi bertepatan dengan peresmian kampung tangguh oleh Bupati Tuban didampingi Kapolres dan Dandim 0811 waktu lalu.

 

Kepala Desa Socorejo, Z. Arief Rahman Hakim mengatakan inilah manfaat nyata dari program kampung tangguh semeru. Warga masyarakat desa atau kampung bisa mandiri dalam melakukan pencegahan dan penanganan Covid 19.

 

"Desa harus siap dan tangguh dalam menghadapi new normal," terang Kades Arief.

 

Dalam pemakaman, relawan kampung tangguh mengenakan APD berwarna putih sementara dua tim dari Surabaya mengenakan APD berwarna gelap. Mereka bekerjasama untuk mempercepat pemulasaran jenazah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

 

Data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per tgl 2/6/2020 hingga pukul 18.00 WIB jumlah kumulatif ODP sebanyak 634 orang dengan keterangan sebanyak 521 orang selesai pemantauan dan 113 orang masih dalam pemantauan.

 

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 64 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 29 orang sembuh, 15 orang meninggal dunia, dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 20 orang.

 

Untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 51 orang, terdiri dari 4 orang sembuh, 3 orang meninggal dunia, dan 44 orang dalam perawatan. [ali/ono]