Dam Cakalang Longsor Merambat ke Jalan Poros

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Tak ada angin tak ada hujan, warga Desa Jati, Kecamatan Soko dikagetkan oleh longsornya Dam Cakalang yang ada di Dusun Ngampon pada pukul 12.00 Senin (27/4/2020) siang kemarin.

Peristiwa longsor dam yang biasa digunakan sebagai sarana pengairan oleh petani setempat itu, tak lama telah dilaporkan warga beserta Pemerintah Desa Jati ke pihak ke Kecamatan dan diteruskan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban.

"Tim dari Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Tuban sudah melakukan assesment ke lokasi longsor dam Cakalang Desa Jati," ujar Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Tuban, Drs. Yudi Irwanto usai dikonfirmasi, Selasa (28/4/2020).

Selain itu, adapun tim Jitupasna, bersama Kepala Desa Jati, Dinas PUPR, Bidang Bina Marga, serta UPTD PPJ SDA Rengel yang meninjau lokasi Dam Cekalang yang longsor tadi.

Dari hasil assesment, longsor Dam Cakalang memakan tanah bagan dam sepanjang 22 meter dan kedalaman 2,5eter. Selain itu, longsor juga menyebabkan jalan penghubung poros Desa Prambontergayang-Tluwe selebar 3 meter dab panjang 22 meter ikut ambrol.

"Kita tunggu koordinasi dengan pihak terkait guna penyelesaian TPT Dam Cakalang," tandasnya. [feb/ito]