Kemenag Tuban Kumpulkan Donasi, Bagikan Sembako dan Masker

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Seiring penyebaran virus corona yang terus meluas, peran aktif dari semua pihak untuk saling bahu membahu sangat dibutuhkan. Tak terkecuali pula Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban yang ikut andil dalam hal ini, dengan mengumpulkan donasi, membagikan sembako dan masker kepada warga.

Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid mengatakan, giat ini merupakan tindak lanjut dari edaran Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur untuk turut memberikan bantuan dan sumbangsih atas musibah yang tercatat sebagai Kejadian Luar Biasa ini.

"Kegiatan ini sudah kita setting sedemikian rupa, mengingat situasi dan kondisi penyebaran Covid-19 maka Kemenag Kabupaten Tuban menindaklanjuti imbauan dan perintah dari Kementerian Agama Republik Indonesia dan Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, untuk turut memberikan sumbangsih dan bantuan atau donasi kepada mereka yang terdampak, terutama masyarakat kecil," ungkap Sahid, Jumat (17/4/2020).

Masyarakat kecil, seperti tukang becak dan fakir miskin adalah sasarannya. Selain itu, pembagian masker kepada pengendara di jalan juga dilakukan. Supaya pengguna jalan lebih aman dan selamat dengan masker yang telah dipakai.

Pria yang pernah mendapat predikat Kepala KUA teladan ini juga menjelaskan, Kemenag Kabupaten Tuban juga telah menyerahkan hasil donasi dari seluruh ASN Kemenag Tuban ke Kanwil Kemenag Provinsi Jatim.

"Alhamdulillah terkumpul dana sekitar 30 juta yang berhasil kita kumpulkan dari seluruh ASN Kemenag Tuban dan telah kita transfer ke Kanwil Kemenag Jatim untuk diteruskan ke Kemenag RI, untuk mereka yang terdampak terkait dengan Covid-19," jelasnya.

Pihaknya berharap, semoga semua keluarga besar Kemenag Tuban selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan oleh Allah SWT dan diberikan rezeki yang banyak sehingga bisa menyisihkan sebagian rezekinya untuk mereka yang berhak menerimanya.

Sementara itu, Penyelenggara Syariah, Mashari, menjelaskan Kemenag Tuban membagikan sekitar 50 bungkus beras kepada setiap warga yabg tergolong masyarakat rentan miskin.

"50 bungkus masing kemasan 5 kg yang kita bagi kepada satpam, penjaga malam, tukang becak dan dhuafa yang berasal dari dana UPZ Kemenag Tuban dan 1000 buah masker dari infaq ASN Kemenag Tuban, guna meringankan beban mereka dalam menghadapi pandemi Virus Corona baru (COVID-19)," paparnya. [feb/col]