Gandeng PT. Pubisker, DPD PPDI Tuban Fokus Ekonomi Kerakyatan Desa

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Tuban melaksanakan rapat koordinasi dan sosialisasi bersama PT. Pusat Bisnis Ekonomi Ketakyatan (Pubisker) di Kantor Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) setempat.

Rapat koordinasi serta sosialisasi tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk menjalin kerjasama dengan PT. Pubisker terkait peningkatan ekonomi kerakyatan terutama di desa, Kamis (20/2/2020).

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Rakerda ke III beberapa hari lalu yang fokus pada meningkatkan ekonomi kerakyatan di desa serta peningkatan profesionalisme perangkat desa," kata Ketua DPD PPDI Kabupaten Tuban, Akhmad wahyudi 

Lebih lanjut, dengan kerja sama ini harapanya perangkat desa bisa berperan aktif dalam membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dalam rangka peningkatan ekonomi di desa. Sehingga berimbas pada program Bupati Tuban untuk pengentasan kemiskinan.

"Tentunya, dengan pembekalan dan pendampingan ini perangkat desa bisa menjadi penggerak untuk menghidupkan BUMDes dan UMKM di desa," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Pubisker Gus Sholeh menyampaikan, pada kegiatan ini PT. Pubisker memberikan pembekalan kepada para perangkat desa yang tergabung dalam DPD PPDI Kabupaten Tuban. Hal ini dilakukan setelah ada jalinan kerja sama.

Diharapkan, dengan adanya kerjasama ini akan terintegrasi antara program ekonomi kerakyatan dengan tugas pokok dari perangkat desa yang ada di Kabupaten Tuban. 

"Dengan kerja sama ini, semoga membawa dampak positif terhadap peningkatan ekonomi desa," pungkasnya.[hud/col]