Jaga Konservasi Alam, Forkopimka dan Warga Parengan Tanam 700 Pohon

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Parengan bersama Perum Perhutani KPH Parengan dan warga Desa Suciharjo, Kecamatan Parengan melaksanakan kegiatan tanam 700 pohon di area lahan Perhutani Petak 63 F, Rabu (12/2/2020).

Kegiatan itu dimulai dengan penyerahan bibit dari Kapolsek Parengan, AKP Mujito kepada Camat Parengan, Eko Suhartadi. Dilanjut, penyerahan bibit kepada Asper KPH Parengan Selatan, Eko Purwanto, KPH Parengan Utara, David Cristanto beserta perangkat desa setempat.

Dalam sambutanya, Camat Parengan Suhartadi menyampaikan, penanaman sebanyak 700 pohon yang terdiri dari pohon Mahoni, Cemara dan Gembilina tersebut dalam rangka untuk mewujudkan konservasi yang bertujuan sebangai penyangga Sumber Air di wilayah Kecamatan Parengan.

"Kami mewakili dari Forkopimka sangat mendukung program ini, mari kita melestarian dan membudayakan menanam pohon sebagai program penghijauan," terang Camat Parengan.

Dia juga menitipkan pohon-pohon tersebut kepada warga setempat agar selalu merawat dan menjaga pohon-pohon yang sudah ditanam ini. "Saya menginginkan titip kepada masyarakat supaya pohon-pohon ini di jaga dan dirawat," imbuhnya.

Sementara itu, Kapolsek Parengan, AKP Mujito pada kegiatan penanaman pohon itu menyampaikan, banyak terima kasih kepada Forkopimka, Perhutani dan warga yang telah mendukung progam penghijauan ini.

"Terus terang saja kami Polri mendapat perintah penanaman penghijauan guna penanggulangan bencana alam yang ada di wilayah kita. Apalagi wilayah Parengan sering terjadi bencana banjir dan puting beliung tentunya kami mengucapkan terima kasih atas antusiasme peserta," ungkap Kapolsek.

Diketahui, kegiatan penanaman 700 pohon  ini guna untuk meningkatkan kepedulian dari berbagai pihak akan pentingnya penanaman dan memelihara pohon yang berkelanjutan dalam mengurangi dampak pemanasan global dan untuk mencapai Pembangunan Indonesia yang hijau.[hud/ito]