Sebagian Lampu Stadion Masih Dilisensi Bea Cukai Bandara

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Stadion Bumi Wali Tuban yang terletak di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding semakin terang saat malam hari, karena telah dipasangi lampu.

Produk lampu kata Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, Sulistiyadi, didatangkan dari Jerman.

"Masih dilesensi di bea cukai bandara sebagian lampunya," terang Didit sapaan akrabnya ketika dikonfirmasi reporter blokTuban.com, Jumat (27/12/2019).

Didit memastikan SBWT sudah bisa digunakan untuk olahraga malam. Sama seperti final sepakbola Bupati Cup pada Sabtu (28/12) malam. Yang mempertemukan kesebelasan asal Merakurak dan Tambakboyo.

Kendati belum final, pemasangan lampu masih terus dikebut. Diprediksi hanya sebagian lampu yang dipasang, karena masih proses lisensi bea cukai bandara.

Sementara itu, Kepala Bidang Olahraga Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, Zaenal Maftuchin menambahkan lampu direncanakan memiliki sistem penerangan dengan lumen lampu sebesar 1.060 lux.

"Penerangan SBWT bertaraf nasional karena standar ISL Liga 1 rata-rata 800 lux," sambungnya.

Ada empat tahap pekerjaan yang harus selesai 70 hari. Dimulai dari bulan Oktober tahap pondasi, pengadaan tiang, pemasangan lampu, dan finishing intalansi sampai 31 Desember 2019.

Stadion berkapasitas 25 ribu penonton ini, melalui P-APBD 2019 disuntik anggaan Rp11,9 miliar untuk pembelian lampu berkelas nasional. [ali/col]