Ribuan Peserta Ikut Gebyar Senam 'Ayo Ning Tuban'

Reporter: Nidya Marfis

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati  Hari Jadi Kabupaten Tuban ke-726, Pemerintah Kabupaten Tuban (Pemkab)  menggelar Gebyar Senam Ayo Ning Tuban, di Alun-alun Bumi Wali.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati, Wabup, Forkompimda, Ketua Dharma Wanita Persatuan Tuban, pimpinan instansi, pimpinan OPD, Camat, organisasi perempuan dan 118 komunitas regu senam serta pelajar.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, Fathul Huda menyampaikan, rasa kagum dan bangga atas partisipasi masyarakat untuk mengikuti senam Ayo Ning Tuban. Selain itu, untuk menyemarkkan Hari Jadi Provinsi Jatim dan Hari Jadi Kabupaten Tuban. Hal ini menunjukkan rasa syukur masyarakat Bumi Wali atas hari jadi.

“Harapannya Kabupaten Tuban akan lebih maju, lebih baik dan lebih religius," ungkap Fathul Huda, Jumat (15/11/2019).

Lebih lanjut, orang nomor satu di Bumi Wali ini menerangkan, kegiatan ini selaras dengan program pemerintah pusat yaitu pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Salah satunya dengan penguatan fisik masyarakat, yaitu dengan berolahraga," ungkapnya.

Ia berharap, melalui senam ini akan membentuk kenangan di benak tiap peserta dengan demikian, akan menciptakan memori dan pengalaman positif.

"Akan selalu dikenang di kemudian hari," ujarnya.

Hal senda juga diungkapkan Ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kabupaten Tuban, Andajati Noor Nahar Hussein yang mengatakan, kegembiraan dan kebanggaannya atas antusias peserta untuk mengikuti gebyar senam ayo ning Tuban. Selain berolahraga, kegiatan ini menjadi ajang rekreasi dan silahturrahmi.

"Senam ayo ning Tuban yang menjadi ikon daerah juga sebagai wahana promosi potensi di kabupaten Tuban," ungkap Andajati.

Andajati berharap, kegiatan ini dapat menjadi agenda tahun dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tuban.

"Sehingga kegiatan berolahraga dan senam menjadi kebiasaan masyarakat Bumi Wali," tandasnya.

Untuk semakin menyeramakkan senam, para peserta menggenakan pakaian Tuban tempo dulu. Tidak hanya itu, juga ditampilkan pertunjukan aeromodelling dari komunitas Aeromodeling Semen Indonesia. [nid/rom]