Hari Ini, Bumi Wali Alami Hari Tanpa Bayangan

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Badan Meteorologi, Klimotologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, menyampaikan hari ini, Jumat (11/10/2019) merupakan hari tanpa bayangan.

Hari tanpa bayangan merupakan hari dimana pada pertengahan hari tersebut jika berdiri dalam posisi tegak lurus, maka bayangan akan menutupi badan secara sempurna.

Kepla BMKG Kabupaten Tuban, Desindra Deddy Kurniawan mengatakan, pada hari ini sebagai wilayah di Jawa Timur (Jatim) sedang mengalami hari tanpa bayangan termasuk di Tuban.

"Hari ini Tuban mengalami hari tanpa bayangan," ungkap Indra.

Pengertian hari tanpa bayangan ialah kulminasi atau fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi dilangit, saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat. Fenomenanya
disebut sebagai kulminasi utama.

"Pada saat itu, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. Akibatnya bayangan benda tegak akan terlihat menghilang," ungkapnya.

Ia menjelaskan, penyebab hari tanpa bayangan terjadi karena bidang ekuator bumi atau bidang rotasi bumi tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika, bidang revolusi bumi. Sehingga posisi matahari dari bumi akan terlihat berubah terus
sepanjang tahun antara 23,5o LU sampai 23,5o LS hal ini disebut sebagai gerak semu harian matahari.

Pada tahun ini, Matahari tepat berada di khatulistiwa pada 21 Maret 2019 pukul
05.00 WIB dan 23 September 2019 pukul 14.51 WIB. Adapun pada 21 Juni 2019 pukul 22.55 WIB, ketika matahari berada di titik balik utara (23,5o LU) dan pada 22 Desember 2018 pukul 11.21 WIB matahari berada di titik balik Selatan (23,5o LS).

Sedangkan pada waktu terjadinya hari tanpa bayangan di Indonesi yang  berada di sekitar ekuator, kulminasi utama di wilayah Indonesia akan terjadi dua kali dalam setahun.

"Waktunya tidak jauh dari saat matahari berada di khatulistiwa," tandasnya. [nid/rom]