4 Skenario Pemkab Tuban Atasi Kemiskinan di Tahun 2020

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pemkab Tuban terus berupaya menekan angka kemiskinan di Kabupaten Tuban. berbagai program pengentasan kemiskinan dilaksanakan guna membantu warga miskin.

Diantaranya adalah program Bantuan Pangan Non Tunai Daerah (BPNTD) untuk mencover penerima 13 Rubu KK di Kabupaten Tuban yang belum menerima BPNT dari pusat.

"Selanjutnya untuk tahun 2020 telah kita alokasikan BPNTD untuk 4.421 KK yang tersebar di 20 kecamatan," ungkap Bupati Tuban ,Fathul Huda, Rabu (25/9/2019).

Skema ke dua yakni program rantang bagi lansia. Maksudnya diberikan bantuan dalam bentuk makanan siap saji dua kali sehari untuk 300 lansia di wilayah Kecamatan Palang, Tuban, Semanding, Merakurak.

Pemkab Tuban juga memberikan bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada tahun 2019 sebanyak 507 unit melalui sistem kontraktual (pengerjaan oleh rekanan). Pelaksanaan program Rehat RTLH ini disinergiskan dengan sistem bantuan Hibah kepada desa sebanyak 420 unit.

Di sektor kesehatan, Bupati dua periode menginstruksikan agar kepala desa dan perangkat desa mendata warga yang belum menerima KIS Pemerintah maupun Kartu Jaminan Kesehatan Daerah (KISDA). Pada tahun 2020 Pemkab Tuban alokasikan sebanyak 33.145 KK yang belum terakses KIS Pemerintah.

Tokoh karismatik NU ini menginstruksikan agar masyarakat miskin yang belum menerima paket program pengentasan kemiskinan segera didata. Jika ada warga miskin yang belum mendapatkan, harus segera melapor ke pemerintah desa, kecamatan, maupun pihak terkait.

"Saya akan turun langsung ke desa untuk memastikan program pemerintah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan," tandasnya. [ali/ito]