Sempat Tak Bisa Pulang, Akhirnya Jemaah Berhasil Sampai ke Tuban.

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Sempat tak bisa pulang ke Tanah Air dikarenakan sakit, salah satu jemaah haji asal Tuban akhirnya pulang ikut kelompok Terbang (Kloter) 77.

Jemaah haji tersebut bernama Hartiningsih (69) warga Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. Seharusnya  dijadwalkan pulang mengikuti rombongan kloter 76, namun karena mengalami sakit stroke saat di Makkah ia tidak diizinkan pulang terlebih dahulu. 

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Tuban, Umi Kulsum mengatakan,  jemaah haji yang sakit dan sempat ditunda kepulangannya akhirnya sore hari tadi telah tiba di Tanah Air bersama rombongan keloter 77.

"Alhamdulillah, beliau telah sampai ke Tuban dan saat ini berada di RSUD Tuban," ungkap Umi, Jumat (13/9/2019).

Ia menjelaskan, saat di Makkah jemaah haji tersebut sempat dirawat di Rumah Sakit A'nur Makkah dan hendak pulang ke Tanah Air jemaah tersebut dirujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah. 

"Sampai Madinah, jemaah dinyatakan layak terbang," ungkapnya. 

Lebih lanjut, sampai di Embarkasi, jemaah haji dirujuk ke KKP setelah itu dijemput mobil ambulan dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tuban. 

"Langsung dibawa ke Tuban," tandasnya. 

Sementara itu, diketahui total jemaah haji asal Kabupaten Tuban dari kloter 76 dan 77 ada sebanyak 879 orang. Namun, satu jemaah haji bernama Asmui Sahid Sirad (79) asal Desa Lajulor, Kecamatan Singgahan, meninggal dunia di Madinah Almukarromah, sehingga jumlah total jemaah haji sampai sekarang berjumlah 878 orang. [nid/col]