Renovasi Pertigaan Ponco Tetap Pertahankan Ikon Lokal

Reporter:  M. Anang Febri

blokTuban.com - Proyek pengerjaan renovasi tata ruang Pertigaan Ponco, Desa Suciharjo, Kecamatan Parengan sudah dimulai sekitar 2 hari ini. Meski proyek renovasi besar-besaran, hingga menggusur sejumlah pedagang yang ada di kawasan itu, pengerjaan yang diprakarsai oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut masih mempertahankan ikon lokal Ponco, yakni pohon beringin di tengah pertigaan.

Penuturan salah satu anggota proyek dari desa setempat, Ali mengungkapkan, skema pembangunan jauh-jauh hari telah diatur dalam RAB. Hanya saja, ikon pohon beringin tunggal di pertigaan masih dipertahankan. Namun di sisi lain, patung keluarga berencana malah ditanggalkan. Dialihkan ketempat lain.

"Untuk pohon beringin masih tetap dipertahankan, kalau patungnya dialihkan ke lingkungan warga untuk dimanfaatkan ulang," ungkapnya saat ditemui blokTuban.com, Rabu (4/9/2019).

Dijelaskannya lagi, kemungkinan ikon beringin Pertigaan Ponco juga bakal dialihkan pada tahun 2020 mendatang. Hal itu mengacu pada aturan Pemerintah Kabupaten Tuban.

"Ini RAB ikut Kabupaten Tuban di tahun 2020 mendatang. Soal konsep lain, kita melakukan apa yang telah disepakati lebih dulu," jelasnya.

Sebelumnya, info tentang renovasi tata ruang Pertigaan Ponco telah didengar masyarakat. Bahkan, sejumlah pedagang kaki lima yang bermukim belasan tahun di kawasan strategis itu rela pindah dengan kesadaran diri.[feb/lis]