Bupati Tuban Tinjau Pilkades Serentak

Reporter: Nidya Marfis

blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda meninjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di sejumlah kecamatan, Rabu (10/07/2019).

Lokasi yang dikunjungi antara lain Desa Penidon, Desa/Kecamatan Widang, Desa Gesing Kecamatan Plumpang, Semanding; dan desa Cendoro, Palang. Pilkades Serentak tahun 2019 diikuti 668 Cakades dari 273 desa di Kabupaten Tuban.

Angka partisipasi warga untuk mencoblos diatas 90 persen dan masyarakat juga menyambut ini layaknya pesta dengan suka cita. Atas hal tersebut Bupati memberikan apresiasi kepada masyarakat dan panitia Pilkades.

"Masyarakat gembira menyambut pesta demokrasi kali ini," ungkap Bupati.

Selain itu, pelaksanaan Pilkades juga mampu memunculkan gairah masyarakat untuk berwirausaha. Setiap TPS yang dikunjungi, dijumpai sejumlah pedagang yang menjual dagangannya.

"Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat mampu mengambil kesempatan pada momen pesta demokrasi," imbuhnya.

Bupati dua periode ini mengingatkan kepada seluruh Cakades untuk menyikapi hasil Pilkades dengan baik. "Semuanya harus siap menang maupun kalah," ungkapnya.

Lebih lanjut, Masyarakat juga dihimbau untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing, baik saat proses pemungutan suara maupun pasca Pilkades. "Saya berharap desa bisa menjadi percontohan nasional," tandasnya. [nid/ito]