Kolaborasi Penari Tuban Sajikan Pentas di Launching Porprov Jatim VI

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Tujuh penari asal Tuban, berkolaborasi dengan penari dari wilayah Bojonegoro, Lamongan, dan Gresik, pagi ini mementaskan tari tradisional di Gedung Grahadi Surabaya.

Sajian pentas tari tersebut, sebagai hiburan sekaligus pengenalan bentuk tari para tuan rumah dalam agenda launching logo dan maskot Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI/2019 Jawa Timur yang dipusatkan di Gedung Grahadi, Rabu (26/6/2109) pagi tadi.

"Dari Tuban kita mengirim pasukan Tari kesana, sudah mulai hari Senin lalu. Pentasnya hari ini, untuk launching Porprov," ujar Sumardi, Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disparbudpora Kabupaten Tuban.

Dari perwakilan 4 wilayah kota/kabupetan, sambungnya, masing-masing membawa tari yang berbeda. Longan membawakan tari Boraran, dan Bojonegoro dengan tari Thengul.

"Dari 4 kabupaten, masing-masing bawa 7 penari. Baik dari Tuban, Bojonegoro, Lamongan, dan juga Gresik. Kalau Tuban bawa tari Gendrasmara," jelasnya.

Selain itu, disamping persiapan pembuakaan Porprov Jatim VI yang kian dekat ini, pihaknya masih terus memaksimalkan waktu yang ada. Sebab, dari Kabupaten Tuban sendiri dipilih menjadi tuan rumah berikut pengisi acara tari saat penutupan Porprov mendatang.

"Proses tari kolosal terus kita giatkan. Masing-masing penari dibagi zona latihan, seperti zona Palang, zona Parengan, dan zona kota," pungkasnya kepada blokTuban.com.

Adapun zona dekat kota yang digunakan menjadi pusat berproses, yakni SMA Negeri 3 Tuban, SMK Abdi Negara, SMP Negeri 3 Tuban, dan SMP Negeri 6 Tuban. [feb/ito]