Wah...Ada Wifi Gratis Baru di Rest Area dan Taman Sleko

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com – Rest Area (eks Terminal Lama) di Jalan RE Martadinata dan Taman Sleko di bundaran SMAN 1 Tuban belakangan tak pernah sepi dari pemburu jaringan wifi. Hal ini setelah Diskominfo Tuban memasang fasilitas wifi gratis di ruang publik tersebut.

Kepala Diskominfo Tuban, Hery Prasetyo menjelaskan untuk tahun 2019 ini wifi gratais baru menyasar kedua tempat nongkrong semua kalangan itu. Secara bertahap program akan dikembangkan ke beberapa fasilitas umum lain, serupa taman bermain anak dan GOR Rangga Jaya Anoraga Jalan Sunan Kalijaga Tuban.

“Semoga wifi gratis ini bermanfaat bagi masyarakat utamanya dalam hal mengakses informasi,” ucap Hery saat dihubungi reporter blokTuban.com, Kamis (23/5/2019).

Adapun tujuan dari free wifi ini memberikan sarana pembelajaran akses kebutuhan yang lain bagi masyarakat luas. Dikarenakan smart society merupakan bagian dari smart city yang ingin Pemkab bangun.

Untuk kecamatan atau desa sebenarnya tinggal pengaturannya. Masyarakat di lingkungan kecamatan dan desa bisa mengakses free wifi, di luar jam kerja dengan pengaturan yang dibuat.

“Kalau di luar jam saya rasa bisa untuk di kecamatan dan desa,” jelasnya.

Wifi gratis tentu ada dampak negatifnya. Untuk penyalahgunaan fasilitas tersebut, intansinya sedang menyiapkan rule penanganannya.

Lebih dari itu, terkait konten negatif untuk fasum kita bisa mengikuti rule dari ISP atau mebuat rule sendiri. Untuk akses konten negatif, tentu sudah diblock oleh ISP sendiri.

“Jadi ada konsekuensi bagi pengakses konten negatif,” ujarnya.

Bagi pemburu jaringan wifi gratis, cukup menuliskan TubanSmartCity di User Name, dan TubanBumiWali di Passwordnya. [ali/lis]