Jadikan BKMT Sebagai Ladang Amal Ibadah

Reporter: Nidya Marfis H

blokTuban.com - Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) menyelengarakan Launching Gerakan Indonesia Menulis Al Qur'an, Pengukuhan Pengurus Cabang BKMT se-Kabupaten Tuban dan pengajian dalam rangka menyongsong bulan suci Ramadhan 1440 H. Yang dihadiri oleh Bupati Tuban,  ketua DPRD Tuban,  Kementria Agama Tuban (Kemenag), Dinas Pendidikan, Kesbangpol, Kesra dan Pengurus Daerah (PD) BKMT Lamongan dan Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, Fathul Huda menyampaikan, majelis taklim merupakan bagian dari lingkungan sosial yang memiliki kedudukan strategis, berperan sebagai wahana pendidikan yang berusaha menanamkan akhlak mulia, meningkatkan ketakwaan, pengetahuan dan kecakapan yang diabadikan bagi upaya mencerdaskan kehidupan dan memajukan kesejahteraan umat dalam rangka mencari keridhoan Allah SWT.

"Al Qur'an sangat di butuhkan dalam semua lini kehidupan dan diharapkan Ramadhan ini BKMT ada program pondok Ramadhan untuk manula, yang dananya insyaallah di tanggung oleh Pemda Tuban,"ungkap Bupati dua periode ini. 

Sementara itu Kepala Kemenag Tuban sekaligus,  sebagai penasehat BKMT Tuban, Shaid mengatakan bahwa kegiatan BKMT ini sesuai dengan PP no 55 tahun 2007 tentang pendidikan agama dan keagamaan. Ia menambahkan, kegiatian ini sudah sangat tepat meski Tuban memiliki slogan Tuban bumi wali, the spirit of harmony. Akan tetapi masih banyak penduduknya yang belum bisa mengaji, belum bisa sholat bahkan ada yang belum bisa syahadat. "Di bulan Ramadhan ini mari kita tingkatkan ibadah sehingga memperoleh jaminan surga,"ungkapnya.

Sementara itu ketua BKMT Tuban, Umi Kulsum, menjelaskan bahwa BKMT merupakan  organisasi kolaborasi antara Muhammadiyah dan NU dan tidak mengakomodir HTI karena sudah jelas di larang oleh pemerintah.
Lebih lanjut, di sampaikan agar BKMT yang ada di kecamatan di maksimalkan kegiatan pengajian karakter yang nantinya akan bekerja sama dengan kepala dinas pendidikan kecamatan beserta KUA.

"Mari kita makasimalkan pengajian karater ini,ungkap Umi Kulsum.

Secara terpisah, sekretaris BKMT Jawa Timur, Wasis mengatakan, bahwa Tuban merupakan kabupaten kedua yang melantik pengurus BKMT kecamatan dan kabupaten kelima untuk PD BKMT Kabupaten yang di kukuhkan di Jawa Timur. Ia menghimbau agar BKMT hendaknya dapat menjadi pelopor persatuan dan kesatuan, pelopor persaudaraan dan pelopor dalam membangun umat, majelis taklim harus meningkatkan kemampuan dan peran, agar keberadaannya bermanfaat bagi masyarakat [nid/ito]