137 Peserta Turut Seleksi Paskibra Zona Satu

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) zona pertama diikuti 137 peserta dari 18 lembaga pendidikan, seleksi fisik dipusatkan di Stadion Bumi Wali Sport Center Tuban. 

Senin, (1/4/2019) Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, melaksanakan seleksi calon anggota Paskibra untuk pertama kalinya. Seleksi calon Paskibra tahun 2019 ini dibagi dalam empat zona.  Zona pertama dan kedua dilaksanakan hari ini,  sedangkan zona ketiga dan keempat dilaksanakan besok, Selasa (2/4/2019).

Seleksi zona pertama diikuti 137 peserta dari tiga kecamatan yang berasal dari 18 lembaga pendidikan. Seleksi calon Paskibraka dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama seleksi fisik yang meliputi parade dan kesehatan, Samapta  atau olahraga, PBB berlokasi di Stadion Bumi Wali.

"Seleksi fisik kami pusatkan di stadion baru karena tempatnya yang luas jadi bisa lebih leluasa," ungkap, Kasi Pengembangan Pemuda, Disparbudpora Tuban, Gathut D.Cahyono.

Lebih lanjut, Setelah melakukan seleksi fisik, terjaring 25 peserta calon Paskibra sesuai dengan kuota yang ditentukan. Selanjutnya akan mengikuti seleksi non fisik yang meliputi pengetahuan umum, kesenian, psikotest dan wawancara. Dalam tahap ini banyak peserta yang gugup karena seleksi non fisik ini bertujuan untuk menguji kecerdasan peserta. 

Salah satu peserta,  Margaret Nathania (16) mengatakan, saat mengikuti seleksi non fisik sedikit gerogi karena takut tidak bisa menjawab apa yang ditanyakan tim penguji. 

"Agak grogi sedikit,  tapi tetep percaya kalau bisa," ungkapnya. 

Selajutnya setelah mengikuti seleksi fisik dan non fisik, calon Paskibra akan mengikuti tahapan Pantauan Terakhir (Pantukir) yang akan dilakukan tanggal 4 April 2019 mendatang berlokasi di Gedung Budaya Loka. Dalam tahapan Pantukir akan dipetakan yang mendapatkan prestasi akan dikirim  seleksi ke tingkat Provinsi. [nid/col]