18:00 . Bupati Tuban: Tuban Kurang SDM Yang Handal di Bidang Wirausaha   |   14:00 . Kemenpan RB Evaluasi Pelayanan Publik Polres Tuban   |   13:00 . BNI, Hara Dan Pemerintah Tuban Mencetak 1000 Agripreneur   |   12:00 . Di Depan Kemendikbud, DPRD Tuban Sampaikan Kekurangan 3.270 Guru SD-SMP   |   09:00 . Pendaftaran Online RSUD Koesma Error, Ternyata ini Sebabnya   |   07:00 . Masa Kecil Kurang Bahagia? Ini 4 Dampaknya saat Dewasa   |   18:00 . Hari Pertama Jambore Kwaran Gerakan Pramuka Soko   |   17:00 . 16 Besar Turnamen Bola Voli Piala Bupati Tuban Cup   |   16:00 . Analog PBT Serupa BSD Tanggerang, User Ingin Lihat Cetak Biru PT HK   |   15:00 . Hantam Truk Tronton Varia Usaha, Pemotor Meninggal di Jalanan Rengel-Bojonegoro   |   14:00 . Tandang Ke Jogja, Tim Persatu Diteror Oknum Diduga Suporter PSIM Yogyakarta?   |   11:00 . Kalah Lawan PSIM Jogja, Menajemen Persatu: Peluang Persatu Masih Terbuka Asalkan...   |   10:00 . User PBT Ditilap, Nasib Digantung   |   09:00 . Puluhan User PBT Geruduk Diskoperindag   |   08:00 . Festival Kirab Perahu di Ujung Timur Pesisir   |  
Tue, 15 October 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 14 March 2019 09:00

Produksi Arak Ratusan Liter Dalam Lemari Terbongkar

Produksi Arak Ratusan Liter Dalam Lemari Terbongkar

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tim Saber Miras Polsek Semanding, Polres Tuban berhasil mengungkap produksi Minuman Keras (Miras) jenis arak berskala besar di Desa Tegalagung dan Desa Prunggahankulon.

Dalam pengungkapan itu, Polsek Semanding berhasil menangkap dua orang pelaku yakni Hadi Hariyanto (39) warga RT.03/RW.07 Dusun Krajan, Desa Prunggahan Kulon dan Irawan (28) warga Dusun Sawahan, Desa Tegalagung, Kecamatan Samanding.

Kapolres Tuban, AKBP Nanag Haryono mengungkapkan, tempat produksi arak yang sudah beroprasi selama dua bulan ini dapat dideteksi oleh pihak kepolisian setelah beberapa minggu lalu petugas berhasil menggagalkan pengiriman arak ke Kabupaten Jombang.

"Produksi arak berskala besar ini berhasil dibongkar petugas setelah Polsek Widang berhasil menggagalkan pengiriman ke Kabupaten Jombang, kemudian kita keler sampai ke tempat produksi ini," ungkap  Kapolres Tuban, AKBP. Nanang Haryono saat Press Rilis, Kamis (14/3/2019).

Dia menambahkan, untuk mengelabuhi petugas, pelaku produksi arak di Desa Tegalagung melakukannya di sebuah tempat yang sangat bersembunyi, yakni sebuah gudang belakang rumah lalu menutup pintu gudang itu dengan sebuah almari sehingga tidak berbau sampai keluar.

"Dalam sehari bisa memproduksi arak siap jual sampai 400 liter, sedangkan pelaku di Desa Prunggahankulon bisa produksi sampai 90 liter perhari," tandasnya.

Kapolres Tuban juga menegaskan, untuk tahun 2019 ini Bumi Wali ditargetkan zero dari miras. Maka dari itu, petugas akan terus berupaya mengungkap produksi arak di wilayah hukum Polres Tuban.

"Tahun 2019 Kami targetkan Kabupaten Tuban zero miras," pungkasnya.

Dalam pengungkapan dua tempat produksi arak tersebut petugas berhasil mengamankan Barang Bukti (BB) berupa 3 dandang, 5 kompor, 16 tabung LPG, baceman arak 8.600 liter, 521 liter arak siap edar, serta alat produksi arak yang menggunakan energi listrik.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya, pelaku dijerat Pasal 204 ayat 1 KUHP dan Pasal 140 Jo Pasal 86 ayat 2 UU RI No. 18 Tahun 2012 tentang pangan dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun. [hud/rom]

miras-tuban2

Tag : arak, produksi arak, arak tuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more