18 Kecamatan di Tuban Berpotensi Terjadi Gerakan Tanah

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia (RI) mencatat sebagian besar wilayah di Kabupaten Tuban memiliki potensi gerakan tanah di bulan Januari 2019 ini.

Kerawanan bencana ini hampir merata di 18 kecamatan, kecuali kecamatan Tuban dan Grabagan. Meskipun kategorinya berbeda.

Data tersebut berhasil dihimpun wartawan blokTuban.com dari laman resmi Badan Geologi Kementerian ESDM (http://www.vsi.esdm.go.id/index.php/gerakan-tanah/peringatan-dini-gerakan-tanah/2571-januari-2019), Senin (21/1/2019).

Dari 18 daerah itu, 17 kecamatan tergolong rawan pergeseran tanah kategori menengah hingga tinggi. Sementara 1 kecamatan termasuk kategori menengah, yakni Jenu.

Dalam keterangannya, yang disebut rawan pergeseran kategori menengah, yaitu daerah yang mempunyai potensi menengah untuk terjadi gerakan tanah. Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

Sementara itu yang tergolong dalam kategori tinggi, yaitu daerah yang mempunyai potensi tinggi untuk terjadi gerakan tanah. Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan diatas normal. Sedangkan gerakan tanah lama dapat aktif kembali. [rof/rom]

Prakiraan Wilayah Potensi Tejadi Gerakan Tanah di Tuban Pada Bulan Januari 2019:

1. Bancar Kategori Menengah-Tinggi
2. Bangilan Ketegori Menengah-Tinggi
3. Jatirogo Kategori Menengah-Tinggi
4. Jenu Kategori Menengah
5. Kenduruan Kategori Menengah-Tinggi
6. Kerek Kategori Menengah-Tinggi
7. Merakurak Kategori Menengah-Tinggi
8. Montong Kategori Menengah-Tinggi
9. Palang Kategori Menengah-Tinggi
10. Parengan Kategori Menengah-Tinggi
11. Plumpang Kategori Menengah-Tinggi
12. Rengel Kategori Menengah-Tinggi
13. Semanding Kategori Menengah-Tinggi
14. Senori Kategori Menengah-Tinggi
15. Singgahan Kategori Menengah-Tinggi
16. Soko Kategori Menengah-Tinggi
17. Tambakboyo Kategori Menengah-Tinggi
18. Widang Kategori Menengah-Tinggi.