Meriah! Perayaan HUT IKSPI Kera Sakti ke-39 di Bangilan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Keluarga Silat Putera Indonesia (IKSPI) Kera Sakti ke-39 di Bangilan, Tuban, Jawa Timur berlangsung meriah. Acara yang dipusatkan di Lapangan Singsim, Desa Sidotentrem, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban ini dimeriahkan dengan beberapa atraksi menarik dari anggota.

Panitia HUT IKSPI Kera Sakti ke-39 di Ranting Bangilan, Eko menuturkan gelaran ini melibatkan sekitar 300 lebih anggota. Mereka berasal dari sub ranting yang tersebar di Kecamatan Bangilan.

"Dalam kesempatan kali ini, HUT IKSPI Kera Sakti di Bangilan kita isi dengan kegiatan longmarch, beberapa atraksi dari sub ranting, dan penampilan barongsai serta leang leong," terang Eko, saat diwawancarai wartawan blokTuban.com di wilayah Bangilan, Minggu (20/1/2019).

Dalam kegiatan longmarch, ratusan pendekar pencak silat dengan aliran tenaga dalam dan perpaduan dari silat di nusantara serta kungfu ini mengelilingi jalan kampung padat penduduk. Sambil berjalan, seniman Barongsai dan leang leong cukup piawai tampil menghibur masyarakat sekitar.

Menurut Eko, gelaran di diharapkan membawa dampak positif di masyarakat. Organisasi perguruan yang didirikan oleh R. Totong Kiemdarto di Kota Madiun pada tahun 1980 silam ini makin dikenal khalayak umum.

"Tujuan kami untuk mengenalkan kepada masyarakat dan khalayak umum, bahwa IKSPI Kera Sakti itu ada dan berkembang di Bangilan serta mempunyai kegiatan yang positif. Selain itu kami juga memiliki kegiatan seni Barongsai yang dimainkan oleh para warga IKSPI Kera Sakti," beber Eko, panjang lebar. [rof/ito]